Kompetensi Utama

Layanan


Satelit LAPAN-A2 Disosialisasikan di IPB International Convention Center Bogor
Penulis : hakim • Media : mediasionline.com • 13 Aug 2015 • Dibaca : 27311 x ,

Satelit terbaru buah karya anak negeri bernama satelit LAPAN-A2 akan segera diluncurkan. Satelit itu dijadwalkan akan diluncurkan pada september 2015 mendatang oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN).

“Satelit LAPAN-A2 akan mengemban misi pemantauan wilayah daratan dan lautan Indonesia dan berpotensi sebagai salah satu sumber informasi spasial,” kata Kepala LAPAN, Thomas Djamaluddin, pada acara sosialisasi pemanfaatan teknologi satelit LAPAN-A2 yang berlangsung di IPB International Convention Center, Botani Square, Bogor, Jawa Barat pada kamis (13/8/2015).

Ia menambahkan, kegiatan tersebut membahas rencana peluncuran satelit, misi, standar operasi dan pemanfaatan, serta potensi pemanfaatan. Seluruh perancangan, pembangunan, dan pengujian satelit LAPAN-A2 hasil pengembangan para peneliti LAPAN itu telah rampung pada Agustus 2012.

Thomas juga mengatakan, pencapaian kemandirian penguasaan teknologi satelit mikro tersebut merupakan langkah maju bagi LAPAN. Sebelumnya, lembaga tersebut berhasil menjalankan program pembangunan satelit LAPAN-A1 atau LAPAN-TUBSAT, hasil kerja sama dengan TU Berlin, Jerman.

“LAPAN-A1 telah diluncurkan pada 2007,” kata Thomas.

Nantinya, LAPAN-A2 diorbitkan dengan ketinggian 650 kilometer dari permukaan bumi. Satelit berbobot 75 kilogram itu membawa misi earth surveillance atau pengamatan permukaan bumi, pemantauan kapal laut, dan komunikasi amatir pada orbit dekat ekuatorial.

Satelit ini juga bisa digunakan sebagai Automatic Identification System (AIS) receiver dan Automatic Packet Reporting System (APRS).

AIS adalah sistem pemantauan kapal laut yang berbasis komunikasi digital VHF dan GPS. Sesuai aturan Internatioanl Maritime Organization (IMO), sistem ini dipasang pada kapal berbobot minimal 300 ton.

Secara prinsip semakin tinggi sensor tersebut digunakan akan semakin luas cakupannya. Sehingga merupakan sangat potensial untuk ditempatkan di satelit.

Satelit ini juga mampu mengawasi perairan Indonesia. Satelit akan melintasi wilayah Indonesia secara diagonal sebanyak 14 kali sehari dengan lama waktu melintas sekitar 20 menit. Satelit ini mempunyai kemampuan untuk menerima sinyal dari maximum 2.000 kapal dalam satu daerah cakupan

Sumber : http://mediasionline.com/news/satelit-lapan-a2-disosialisasikan-di-ipb-international-convention-center-bogor/








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL