Kompetensi Utama

Layanan


Akreditasi Jurnal Ilmiah LAPAN sebagai Motivasi Hadapi Pengelolaan Jurnal secara Elektronik
Penulis Berita : Humas/Yudho • Fotografer : Humas/Yudho • 02 Sep 2015 • Dibaca : 3770 x ,

Kepala Bagian Humas LAPAN Jasyanto dan Kepala Bagian Kepegawaian LAPAN Triyadi (keempat dan kelima dari kanan) berfoto bersama pada acara serah terima sertifikat akreditasi di LIPI Cibinong, Selasa (1/9).

Jurnal ilmiah LAPAN berhasil mendapatkan akreditasi dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Jurnal tersebut adalah Jurnal Sains Dirgantara dan Jurnal Teknologi Dirgantara. Kedua jurnal tersebut sama-sama berpredikat terakreditasi pertama kali pada 2010, dan keduanya terakreditasi kembali pada 2012 dan 2015. Serah terima hasil dan sertifikat akreditasi dilaksanakan pada Selasa (1/9) di Pusbindiklat LIPI, Cibinong, Bogor. Kepala Bagian Humas LAPAN Jasyanto dan Kepala Bagian Kepegawaian LAPAN Triyadi hadir dalam acara tersebut untuk menerima sertifikat dan SK akreditasi dari Wakil Kepala LIPI Dr. Akmadi Abbas. 

LAPAN menilai keberhasilan ini sebagai tantangan dan motivasi untuk mempertahankan dan meningkatkan jurnal ilmiah terakreditasi baik dari segi kuantitas maupun kualitas. Kepala Pusbindiklat LIPI Prof. Husein Avicenna Akil menyampaikan bahwa majalah atau jurnal ilmiah yang mendaftar akreditasi pada periode II tahun 2015 sebanyak 67 jurnal dan hanya 1 jurnal yang tidak terakreditasi. 

Penghargaan dan penyerahan SK dan sertifikat akreditasi disampaikan oleh Wakil Kepala LIPI Dr. Akmadi Abbas kepada pengelola sekretariat publikasi ilmiah dari berbagai lembaga/ instansi yang berasal dari beberapa wilayah di Indonesia seperti Jawa, Sumatera, Kalimantan dan Maluku. Dalam acara tersebut, Ketua Tim Penilai Akreditasi Prof. Rochaedi menyampaikan hal-hal yang harus diperhatikan oleh setiap pengelola sekretariat publikasi ilmiah. “Pengelola sekretariat publikasi ilmiah harus melakukan evaluasi dari hasil penilaian, meningkatkan kualitas substansi dan meningkatkan mekanisme sirkulasi materi jurnal,” kata Rochaedi. 

Rochaedi juga menambahkan agar seluruh pengelola sekretariat publikasi ilmiah bersiap diri untuk menghadapi pengelolaan jurnal secara elektronik (online) mulai April 2016. Hal tersebut sesuai dengan peraturan Kepala LIPI Nomor 3 Tahun 2014 tentang Pedoman Akreditasi Terbitan Berkala Ilmiah. Pengelolaan jurnal secara elektronik akan memudahkan pengguna untuk mengakses dan mensitasi serta memungkinkan jurnal tersebut memiliki predikat reputasi internasional.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL