Kompetensi Utama

Layanan


Presiden Joko Widodo Mengenal Lebih Dekat Hasil Litbang LAPAN
Penulis Berita : Humas/SA • Fotografer : Humas/SA • 05 Sep 2015 • Dibaca : 49554 x ,

Presiden Joko Widodo dipandu oleh Prof. Dr. Thomas Djamaluddin mengenai pengembangan litbang pesawat N219.

Suasana berbeda menghiasi Pusat Teknologi Satelit (Pusteksat) LAPAN, Rancabungur, Bogor, pada Kamis (3/9) pagi. Pengamanan berlapis, bahkan hingga pemindaian memakai sinar-X, diberlakukan sedari pintu masuk gerbang kantor. Karpet merah terbentang dari gedung tempat Kepala Pusteksat berkantor menuju pintu masuk ruang serbaguna. Pagi itu, LAPAN bersiap untuk menerima kunjungan Presiden RI Joko Widodo. 
 
Beliau hadir dalam rangkaian peresmian pelepasan satelit equatorial pertama Indonesia LAPAN-A2/ LAPAN-ORARI untuk dikirim dan diluncurkan dari Sriharikota Range (SHAR), India, akhir September mendatang. Pagi itu, Joko Widodo sempat mengunjungi gerai pameran hasil penelitian dan pengembangan (litbang) LAPAN. Pameran digelar di ruang rapat yang “disulap” menjadi gerai pameran lengkap dengan berbagai alat peraga agar Joko Widodo mengenal lebih dekat hasil litbang LAPAN. 

Untuk iptek penerbangan LAPAN menampilkan seri LAPAN surveillance UAV (LSU) 02 dan 03 serta miniatur pesawat N219. Sementara di bidang peroketan, ditampilkan replika roket tipe RX1220/ RHan122. Untuk satelit sendiri, LAPAN menampilkan miniatur satelit LAPAN-A2 dan generasi sebelumnya satelit LAPAN-A1/ LAPAN-TUBSAT. 

Selain itu, LAPAN menampilkan hasil litbang penginderaan jauh dengan citra pemantauan titik panas di beberapa daerah per tanggal 2 September 2015. Untuk bidang sains antariksa, LAPAN menampilkan rencana pembangunan observatorium nasional Timau, Kupang, NTT. Ini merupakan hasil kerja sama dengan Pemprov NTT, Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Nusa Cendana (Undana).

Pada backdrop ditampilkan informasi lengkap mengenai pengembangan teknologi penerbangan dan antariksa untuk mendukung pengelolaan sumber daya maritim, ketahanan pangan dan manajemen bencana. Di samping itu, LAPAN menampilkan maket rencana pengembangan Pusteksat untuk membangun fasilitas assembly, integration and testing (AIT) satelit kelas makro atau lebih dari 500 kilogram. 
 
Joko Widodo berkeliling pameran dipandu oleh Kepala LAPAN Prof. Dr. Thomas Djamaluddin. Dalam rombongan juga terdapat Menristekdikti Dr. M. Nasir, Menko Maritim Rizal Ramli dan Wagub Jabar Deddy Mizwar. 


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL