Kompetensi Utama

Layanan


Presiden Jokowi Resmikan Pelepasan Satelit Lapan Orari
Penulis : Tety • Media : Pos Sore • 03 Sep 2015 • Dibaca : 26364 x ,

JAKARTA (Pos Sore) – Dengan menekan tombol, Presiden RI, Joko Widodo, meresmikan pelepasan satelit LAPAN-A2/LAPAN-ORARI sebelum diberangkatkan ke India dan diluncurkan menggunakan roket India. Pelepasan satelit berlangsung di Pusat Teknologi Satelit Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Rancabungur, Bogor, Jawa Barat, Kamis (3/9).

Saat meresmikan pelepasan LAPAN-A2, Presiden menyampaikan apresiasinya terhadap karya anak bangsa tersebut. Ia mengatakan, mengapresiasi dan menghargai apa yang dilakukan oleh LAPAN.

“Penelitian yang konkret ini yang diperlukan oleh Indonesia,” kata Presiden.

LAPAN-A2 merupakan satelit ekuatorial pertama Indonesia hasil pengembangan para peneliti dan perekayasa LAPAN. Seluruh kegiatan perancangan, pembuatan, dan pengujiannya selesai pada Agustus 2012. LAPAN-A2 akan diorbitkan dekat ekuator dengan inklinasi enam derajat pada ketinggian 650 kilometer.

Satelit berbobot 78 kilogram tersebut membawa misi pemantauan permukaan bumi, identifikasi kapal laut, dan komunikasi radio amatir hasil kerja sama dengan Organisasi Amatir Radio Indonesia (Orari). Dengan orbit ekuatorial, LAPAN-A2 akan melintasi wilayah Indonesia 14 kali setiap hari.

Kepala LAPAN, Prof. Dr. Thomas Djamaluddin, menjelaskan, satelit kedua LAPAN ini merupakan 80 persen bersifat eksperimen dan 20 persen bersifat operasional untuk mengidentifikasi kapal-kapal laut.

Di masa depan, satelit generasi berikutnya yaitu LAPAN-A3 akan bersifat 40 persen operasional. Satelit tersebut akan dimanfaatkan untuk pertanian dan juga memantau kapal laut sehingga sesuai dengan visi kemaritiman Indonesia saat ini. (tety)








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL