Kompetensi Utama

Layanan


POLRI Manfaatkan Teknologi Satelit dan Pesawat Tanpa Awak LAPAN
Penulis : Tety • Media : Pos Sore • 04 Sep 2015 • Dibaca : 41362 x ,

JAKARTA (Pos Sore) — Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) dan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) menandatangani naskah kerja sama dalam pemanfaatan sains dan teknologi kedirgantaraan dalam mendukung tugas kedua instansi.

Naskah kerja sama ini ditandatangani oleh Kepala LAPAN, Prof. Dr. Thomas Djamaluddin, dan Kepala Polri, Jend. Pol. Badrodin Haiti, di kantor LAPAN, Jumat (4/9).

Kepala LAPAN menjelaskan, tujuan kerjasama ini yaitu untuk bersinergi mewujudkan kerja sama pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi keantariksaan guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

“Ruang lingkup kerja sama antara lain mencakup pemanfaatan, pengembangan sains dan teknologi, pemanfaatan sarana dan prasarana, peningkatan kualitas sumberdaya manusia, serta penegakan hukum,” katanya.

Kapolri menambahkan, kerja sama kedua instansi tersebut akan bermanfaat bagi masyarakat. Salah satunya yaitu pemanfaatan teknologi penerbangan dan antariksa untuk memetakan dan memantau jalur mudik saat libur hari raya.

“Data citra satelit dan pesawat tanpa awak buatan LAPAN akan membantu pihak kepolisian dalam membuat rencana aksi pengamanan serta memantau dan menjamin kelancaran perjalanan di jalur mudik,” jelasnya.

Menurutnya, pemanfaatan produk-produk Lapan bisa membantu tugas-tugas Polri di dalam penegakan hukum, tugas intelejen, kemanusian yang banyak dilakukan Polri.

“Kita memerlukan peta hot spot kebakaran hutan dan lahan, tugas-tugas intelejen di bidang komunikasi, penginderaan terhadap daerah-daerah tertentu dan pemanfaatan pesawat tanpa awak (UAV) untuk pemetaan dari udara,” katanya.

Sebelumnya Lapan telah membantu Polri terkait arus mudik dan info lalu lintas dari satelit penginderaan jauh.

Kepala LAPAN menyebutkan, kerjasama ini sesuai dengan UU Keantariksaan, berfungsi sebagai penyelenggara kegiatan keantariksaan nasional. Kerjasama ini juga implementasi UU Nomor 21 Tahun 2013 tentang Keantariksaan.

UU tersebut mengamanatkan Lapan mengoptimalkan penyelenggaraan keantariksaan untuk kesejahteraan rakyat dan produktivitas bangsa. LAPAN juga diamanatkan untuk mewujudkan penyelenggaraan keantariksaan sebagai komponen pendukung integritas NKRI demi kepentingan nasional.

“Atas dasar amanat inilah, LAPAN bekerja sama dengan berbagai pihak, termasuk dengan Kepolisian Negara Republik Indonesia. (tety)








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL