Kompetensi Utama

Layanan


Kapolri Jenderal Badrodin Haiti: "Saya Pikir Lapan Hanya Bikin Rudal dan Roket"
Penulis : Gusmiati Waris • Media : Berita2bahasa.com • 05 Sep 2015 • Dibaca : 43278 x ,

Jakarta (B2B) - Kepolisian Republik Indonesia (Polri) akan memanfaatkan data satelit dan penginderaan jauh dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) untuk mendukung pemberantasan terorisme, penegakan hukum, dan tugas kemanusiaan.

"Saya pikir Lapan hanya bikin peluru kendali atau rudal dan roket saja, ternyata kemampuannya bukan cuma itu. MoU antara Polri dan Lapan ini jadi langkah maju bagi kedua lembaga untuk memanfaatkan kemampuan Lapan mendukung tugas-tugas Polri khususnya pemberantasan terorisme, penegakan hukum, dan tugas kemanusaiaan," kata Kapolri Jenderal (Pol) Badrodin Haiti usai menandatangani memoranda kesepahaman (MoU) dengan Kepala Lapan, Thomas Djamaluddin di Jakarta pada Jumat (4/9).

Badrodin Haiti menambahkan, teknologi penginderaan jauh Lapan akan sangat mendukung kegiatan Polri misalnya pemetaan wilayah yang diawasi oleh Polri di daerah konflik seperti Poso, dengan informasi akurat dan detail.

"Jaringan terorisme berada di pegunungan, hutan, lokasi jauh dan luas sehingga teknologi Lapan sangat mendukung tugas-tugas Polri ke depan," kata Kapolri.

Menurut Kapolri, keberadaan terorisme harus diberantas hingga tuntas, kalau tidak mereka akan terus merekrut anggota baru dari dalam dan luar negeri bagaikan onak duri bagi kelangsungan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Thomas Djamaluddin menambahkan, kerjasama Lapan dan Polri akan bermanfaat bagi masyarakat seperti memetakan dan memantau jalur mudik saat libur hari raya. Data citra satelit dan pesawat tanpa awak buatan Lapan akan membantu pihak kepolisian dalam membuat rencana aksi pengamanan serta memantau dan menjamin kelancaran perjalanan di jalur mudik.

"Kami bisa pahami kebutuhan Polri dan juga akan informasikan kemampuan apa yang bisa dimanfaatkan oleh Polri. Dengan komunikasi maka akan semakin intens kami memberikan layanan terbaik kepada Polri," kata Thomas.

Menurutnya, Lapan juga telah memberikan layanan kepada Polres di luar Jawa yang membutuhkan komunikasi radio di era 1980-an. "Kami beri frekuensinya, ini memudahkan operasi-operasi Polri kemudian pada 2014, Lapan juga diminta Polri untuk mendukung operasi khusus." - 

See more at: http://berita2bahasa.com/berita/01/31159-kapolri-jenderal-badrodin-haiti-quot-saya-pikir-lapan-hanya-bikin-rudal-dan-roket-quot#sthash.rs4G0ac3.dpuf








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL