Kompetensi Utama

Layanan


Satelit Deteksi Kebakaran Hutan di Sumatera Selatan dan Jambi
Penulis Berita : Humas/SA, Dok. Pusfatja • Fotografer : Dok. Pusfatja • 07 Sep 2015 • Dibaca : 30343 x ,

Kebakaran hutan/ lahan dilihat dari citra SPOT-7 tanggal 5 September 2015 wilayah Sumatera Selatan dan Jambi.

LAPAN melalui tim respon tanggap darurat bencana melaporkan hasil pemantauan kebakaran hutan atau lahan berbasis data satelit. Berdasarkan hasil pemantauan satelit SPOT-7 pada Sabtu, 5 September 2015, tercatat beberapa titik panas di Kabupaten Musi Banyuasin dan Banyuasin (Sumatera Selatan) dan Kabupaten Muaro Jambi dan Tanjung Jabung Timur (Jambi). Di Musi Banyuasin dan Banyuasin terpantau masing-masing empat titik panas yang disertai asap. Sementara di Muaro Jambi dan Tanjung Jabung Timur masing-masing terpantau satu dan dua titik panas disertai asap. 
 
Berdasarkan citra satelit, titik panas digambarkan dengan titik berwarna merah sedangkan keberadaan asap digambarkan dengan sapuan putih transparan pada citra tersebut. Asap yang dimaksud berada tepat di titik berwarna merah yang menjadi indikator kebakaran hutan atau lahan. Informasi ini diteruskan pada instansi yang berwenang seperti Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). 

Berikut adalah gambar respon tanggap darurat bencana berbasis data satelit pemantauan titik panas dan asap di wilayah Sumatera Selatan dan Jambi yang dibuat oleh LAPAN.





Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2020 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL