Kompetensi Utama

Layanan


Satelit Pantau Kebakaran Hutan di Sumatera dan Kalimantan
Penulis Berita : Humas/Meg • Fotografer : dok. Pusfatja • 15 Sep 2015 • Dibaca : 33040 x ,

LAPAN terus memberikan data satelit penginderaan jauh untuk memantau kebakaran hutan atau lahan di Indonesia. Data tersebut diperlukan oleh berbagai pihak untuk mitigasi dan penanganan bencana kebakaran hutan. Hasil pemantauan satelit tersebut diolah sebagai bagian dari respon tanggap darurat berbasis data satelit.

Kebakaran hutan di Indonesia tidak hanya terjadi di wilayah Sumatera, melainkan juga Kalimantan. Berikut adalah informasi pemantauan kebakaran hutan atau lahan di Sumatera Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Barat. Data satelit tersebut diperoleh pada 14 dan 10 September 2015. Data diperoleh dari satelit SPOT-7, MODIS, Terra/Aqua, SNPP, dan Landsat-8. Kemudian, citra satelit tersebut diolah sesuai dengan peta batas administrasi Indonesia dari Badan Informasi Geospasial (BIG).

Dari hasil pengolahan citra satelit LAPAN, kebakaran hutan atau lahan diindikasikan dengan adanya hotspot atau titik panas di wilayah tersebut. Dalam citra satelit, titik panas digambarkan sebagai titik berwarna merah.

Gambar 1 menunjukkan adanya kebakaran hutan atau lahan di beberapa wilayah Kalimantan Tengah dan Selatan. Pada saat data satelit ini diakuisisi yaitu 14 September 2015 pukul 14.00 WIB, terlihat secara visual adanya kabut asap berwarna coklat tipis di wilayah tersebut. Kabupaten yang terindikasi terjadi kebakaran hutan atau lahan yaitu Banjar, Baritokuala, Tapin, dan Kotawaringin Timur.

Gambar 2 menunjukkan adanya kebakaran hutan atau lahan di wilayah Kalimantan Tengah. Titik panas berada di Kabupaten Pulungpisau. Dari gambar tersebut terlihat adanya sapuan putih tipis yang dikelilingi garis berwarna merah muda. Hal tersebut menandakan adanya asap.

Gambar 3 menunjukkan adanya kebakaran hutan atau lahan di wilayah Kalimantan Barat. Titik panas ditemukan pada Kabupaten Ketapang. Terlihat adanya wilayah yang dikelilingi garis berwarna oranye menunjukkan adanya asap di wilayah tersebut.

Gambar 4 menunjukkan kebakaran hutan atau lahan di wilayah di Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan. Pada wilayah tersebut, terlihat adanya asap yang ditandai dengan sapuan putih transparan yang dikelilingi garis berwarna oranye. Kejadian titik panas di Kabupaten tersebut dapat terlihat lebih lanjut dalam Gambar 5.


Gambar 1



Gambar 2



Gambar 3



Gambar 4



Gambar 5




Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL