Kompetensi Utama

Layanan


N219 Siap Roll Out pada Peringatan Sumpah Pemuda
Penulis Berita : DN, PPES • Fotografer : PPES • 17 Sep 2015 • Dibaca : 12074 x ,

LAPAN dan PT Dirgantara Indonesia (DI) berkomitmen mewujudkan pesawat transport nasional yang sepenuhnya dirancang oleh putra-putri Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan pembuatan N219, pesawat penumpang berkapasitas 19 orang. Pesawat N219 ditujukan sebagai moda transportasi bagi pulau-pulau terpencil di Indonesia.

N219 direncanakan akan roll out atau diperkenalkan kepada publik pada peringatan Sumpah Pemuda, Oktober 2015. Hal ini disampaikan oleh Deputi Bidang Teknologi Penerbangan dan Antariksa LAPAN, Dr. Rika Andiarti, dalam FGD dan Monitoring Progress Kesiapan Roll Out N219 di Gedung PM PT Dirgantara Indonesia, Bandung, Selasa (8/9).

Rika menjelaskan bahwa LAPAN dan PT DI sudah berkomitmen kepada presiden dan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi untuk melaksanakan roll out pada tanggal 28 Oktober 2015, bertepatan dengan peringatan Sumpah Pemuda. Pada acara tersebut, komponen airworthiness N219 akan ditampilkan. Komponen tersebut terdiri dari fuselage, wing, ethernet dan control services, serta komponen class one mockup.

Pengembangan N219 ini bukan hanya bertujuan untuk membangun pesawat transport, melainkan juga untuk menumbuhkembangkan industri kecil Indonesia di bidang penerbangan. Dalam pembuatan N219, tool dan panel jig-nya merupakan hasil produksi industri kecil di Bandung dan Jawa tengah.

Selain itu, pembuatan pesawat ini terus diupayakan untuk menggunakan komponen dalam negeri. Sesuai target awal, prototipe pesawat N219 akan memenuhi 40 persen Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN). Kemudian, dalam jangka waktu lima hingga 10 tahun mendatang, TKDN akan ditingkatkan menjadi 60 persen. Hal ini sejalan dengan dukungan dan semangat dari Kementerian Perindustrian dan Asosiasi Industri Komponen guna mempersiapkan Airframe Part (Komponen Pesawat Terbang) buatan dalam negeri.

Pesawat N219 ini nantinya akan menjadi perwujudan harapan anak bangsa akan pencapaian teknologi tingkat tinggi dibidang penerbangan. Dengan demikian, pesawat N219 akan menjadi karya kebanggaan anak bangsa yang melintas di langit nusantara.



Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL