Kompetensi Utama

Layanan


Seminar Nasional Sains dan Antariksa: Observatorium Kupang Penting bagi Penelitian Antariksa dan Pembangunan NTT
Penulis Berita : Humas/Sur • Fotografer : Humas/Sur • 23 Sep 2015 • Dibaca : 40520 x ,

Kepala LAPAN memberikan citra satelit Kabupaten Kupang kepada Bupati Kupang.

LAPAN bekerja sama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Nusa Cendana menyelenggarakan Seminar Nasional Sains dan Antariksa 2015. Seminar berlangsung pada 21-22 September di Hotel Swiss Belinn Kristal, Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT). Kegiatan ini merupakan rangkaian rencana pembangunan observatorium nasional di Kecamatan Amfoang Tengah, Kabupaten Kupang, NTT.

Kepala Bappeda Provinsi NTT, Wayan Darmawa, yang mewakili Gubernur NTT, dalam sambutannya menjelaskan bahwa rencana pembangunan observatorium nasional di Kupang memberikan semangat baru bagi pembangunan Provinsi NTT, yang sedang berjuang mengejar kemajuan untuk mencapai peran lebih besar secara nasional. Pembangunan observatorium nasional dipandang sebagai pembangunan yang monumental dan berdaya ungkit besar bagi pembangunan NTT. Keberadaan observatorium nasional di Kabupaten Kupang tersebut diharapkan memberikan multiefek, termasuk meningkatkan daya tarik NTT sebagai lokasi riset.

Ia melanjutkan, bbservatorium di Kupang ini diharapkan mampu menjadi tempat pengamatan benda-benda antariksa yang lebih baik dari yang telah ada saat ini di Lembang, Jawa Barat.

Wayan juga berharap kerja sama dengan LAPAN akan terus berlanjut. Hal ini disebabkan, kebijakan pembangunan daerah terpadu berbasis desa atau kelurahan yang telah dilaksanakan secara intensif sejak 2011 sapat berkembang lebih pesat. Guna mengoptimalisasikan pembangunan desa tersebut diperlukan dukungan data-data potensi spesifik desa yang dihasilkan oleh citra satelit. Untuk itu, ia berharap LAPAN dapat mendukung Provinsi NTT dalam menyiapkan data-data kewilayahan yang digunakan dalam perencanaan pembangunan daerah.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Kupang, Ayub Titu Eki, mengatakan bahwa dengan adanya pembangunan observatorium nasional di Amfoang Tengah, Kabupaten Kupang, diharapkan akan menjadi pintu masuk dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat. Hal tersebut untuk mengejar ketertinggalan daerah. Untuk mendukung program pembangunan observatorium tersebut, Pemerintah Kabupaten Kupang telah menyediakan lahan seluas 30 hektar. Pemerintah Kupang juga menyediakan lahan untuk pengembangan science education center seluas enam hektar.

Rencana pembangunan observatorium nasional tersebut telah dimulai sejak 2015. Kepala LAPAN, Prof. Dr. Thomas Djamaluddin, mengatakan bahwa program tersebut didasari bahwa observatorium di Lembang, Jawa Barat sudah tidak ideal karena pertumbuhan penduduk dan pemukiman di sekitarnya.

Ia melanjutkan, Gunung Timau, Desa Fatumonas, Kecamatan Amfoang Tengah, Kupang dipilih sebagai tempat pembangunan observatorium nasional setelah melalui berbagai kajian dan pertimbangan. Syarat untuk lokasi peneropongan bintang yaitu wilayahnya bebas awan dan tidak banyak polusi suara, udara, dan cahaya. Kupang mempunyai cuaca wilayah kerin dan langit cerah tanpa polusi cahaya sehingga cocok untuk pembangunan observatorium.

Pembangunan observatorium nasional tersebut harus masuk rencana induk program nasional. Thomas mengatakan, untuk itu perlu penyiapan rencana kerja termasuk penyiapan anggaran dan laporan hasil kajian kelayakannya. Observatorium nasional di Kupang nantinya akan menjadi jaringan pengamatan antariksa dan menjadi pusat penelitian langit selatan yang sangat penting.

Semimar Nasional Sains dan Antariksa ini dihadiri oleh perwakilan dari LAPAN, Provinsi NTT, Pemerintah Kabupaten KUpang, Bappenas, ITB, dan Universitas Nusa Cendana. Menurut Kepala LAPAN, seminar ini merupakan bagian upaya untuk melaksanakan empat kompetensi keunggulan LAPAN. Kompetensi tersebut mengacu pada Undang-undang Nomor 21 Tahun 2013 Tentang Keantariksaan. Kompetensi itu meliputi sains antariksa dan atmosfer, teknologi penerbangan dan antariksa, pemanfaatan penginderaan jauh, dan kajian kebijakan penerbangan dan antariksa


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL