Kompetensi Utama

Layanan


Satelit Lapan-A2 Sukses Diluncurkan Dari India
Penulis : R-15/ L-8 • Media : Suara Pembaruan (sp.beritasatu.com) • 28 Sep 2015 • Dibaca : 29929 x ,

[JAKARTA] Satelit Lapan-A2 karya anak bangsa berhasil diluncurkan dari India pukul 10.00 waktu India atau pukul 11.30 WIB.

Peluncuran satelit Lapan-A2 ini bersama roket PSLT C30 milik India yang muatan utamanya satelit Astrosat dan ada 6 satelit kecil lainnya dimana salah satunya adalah Lapan-A2.

Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Thomas Djamaluddin mengatakan pada proses peluncurannya selama 25 menit terlihat tahapan-tahapan pelepasan roket pertama, kedua, ketiga sampai keempat hingga ke orbitnya pada ketinggian 650 km.

"Secara bertahap muatan-muatan roket tersebut dilepaskan dimulai dari satelit Astrosat yakni satelit utama penelitian astronomi yang bobotnya 1,5 ton," katanya usai peluncuran yang disaksikan melalui live streaming dari kantor pusat Lapan di Jakarta, Senin (28/9).

Hadir pula dalam peluncuran tersebut Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Teknik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia L T Handoko dan Deputi Bidang Meteorologi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Yunus Subaygo.

Thomas menambahkan setelah Astrosat dilepaskan, setengah menit kemudian dilepaskan ke orbitnya satelit Lapan-A2 pada ketinggian 650,16 km. Lalu setengah menit kemudian satelit milik Kanada dan 4 satelit nano milik Amerika Serikat.

"Semuanya dinyatakan mencapai orbitnya masing-masing pada ketinggian 650 km inklinasi sekitar 6 derajat," ucapnya.

Dikatakan Thomas, Lapan-A2 berbobot 78 kilogram ini akan melintasi Indonesia 14 kali sehari setiap 90 menit. Dalam fase awal pascapeluncuran, Lapan menyiapkan dua stasiun bumi di Pusat Teknologi Satelit Ranca Bungur Bogor dan Stasiun Penjejak Satelit di Biak, Papua. Operasional satelit Lapan-A2 ini pun bisa mencapai 6 tahun.

Stasiun-stasiun ini akan menjejak satelit di orbitnya dan memastikan satelit berfungsi dengan baik semua sensor-sensornya. Termasuk pula komunikasi data apakah berfungsi dengan baik, dan posisi atau sikap satelit tersebut bisa diarahkan ke arah bumi. Diharapkan fungsi pemotretaan berjalan dengan baik.

"Proses ini diperkirakan 1 bulan. Para engineer Lapan dari dua stasiun itu akan terus memantau satelit ini berada di orbitnya, memastikan sensor dan peralatan satelit berfungsi dengan baik," ucapnya.

Sebelumnya satelit ini telah resmi dilepas Presiden Joko Widodo 3 September 2015 lalu. Kemudian satelit ini dikirim ke India hingga hari ini sukses diorbitkan. 

Sumber: http://sp.beritasatu.com/home/satelit-lapan-a2-sukses-diluncurkan-dari-india/97411








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL