Kompetensi Utama

Layanan


Satelit Lapan-A2 Emban Tiga Misi
Penulis : R-15/ L-8 • Media : Suara Pembaruan (sp.beritasatu.com) • 28 Sep 2015 • Dibaca : 31612 x ,

[JAKARTA] Setelah berhasil diluncurkan dan menempati orbitnya pada ketinggian 650,16 km, satelit Lapan-A2 akan mengemban tiga misi penting bagi Indonesia.

Satelit Lapan-A2 ini sukses diluncurkan dari India, Senin (28/9) pukul 10.00 waktu India atau pukul 11.30 WIB. Dalam pengembangan satelit ekuatorial pertama Indonesia ini, sepenuhnya hasil pengembangan para peneliti dan perekayasa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan).

Terkait misi Lapan-A2 Kepala Lapan Thomas Djamaluddin mengatakan misi pertama satelit Lapan-A2 yakni misi kemaritiman untuk memantau ribuan kapal yang ada di perairan Indonesia dengan sensor sistem indentifikasi otomatis kapal-kapal.

"Misi kedua misi pemantauan bumi. Di Lapan-A2 ada dua kamera yakni kamera video dan pengambil citra resolusinya 4 dan 5 meter. Artinya objek yang berukuran empat dan lima meter masih bisa dikenali satelit ini," katanya usai peluncuran yang disaksikan melalui live streaming dari kantor pusat Lapan di Jakarta, Senin (28/9).

Sedangkan untuk misi ketiga adalah amatir radio yang digunakan untuk penandaan pulau-pulau terluar. Dengan dipasangnya pemancar-pemancar radio amatir di pulau-pulau terluar, wilayah tersebut bisa diidentifikasikan sebagai wilayah Indonesia.

"Pada saat bencana, satelit ini bisa memberi fasilitas komunikasi radio amatir untuk mendukung upaya-upaya penanggulangan bencana," ucapnya.

Dalam pemanfaatan data operasional satelit ini Lapan bekerja sama dengan Orari dan Kementerian Kelautan dan Perikanan dan juga kementerian atau lembaga lain yang membutuhkan data penginderaan jauh. [R-15/L-8]

Sumber: http://sp.beritasatu.com/home/satelit-lapan-a2-emban-tiga-misi/97412








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL