Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN Kerja Sama Bangun Observatorium Nasional di Kupang
06 Oct 2015 • Dibaca : 7744 x ,

LAPAN akan membangun observatorium nasional di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT). Observatorium ini akan menggantikan observatorium di Bandung yang tidak lagi layak untuk penelitian antariksa. Selain observatorium, LAPAN dan Pemprov NTT juga akan membangun science education center di Kota Kupang.

Untuk itu, LAPAN akan menandatangani naskah kerja sama dengan Provinsi Nusa Tenggara Timur dan Kabupaten Kupang untuk mewujudkannya. Penandatanganan naskah kerja sama akan berlangsung pada Rabu, 7 Oktober 2015 pukul 10.00 WIB, di Balai Pertemuan Dirgantara LAPAN, Rawamangun, Jakarta Timur.

Rencana pembangunan observatorium nasional tersebut didasari bahwa observatorium di Lembang, Jawa Barat sudah tidak ideal karena pertumbuhan penduduk dan pemukiman di sekitarnya. Pemilihan Gunung Timau, Desa Fatumonas, Kecamatan Amfoang Tengah, Kupang, yang akan dijadikan tempat pembangunan observatorium nasional telah melalui berbagai kajian dan pertimbangan.

Syarat untuk lokasi peneropongan bintang yaitu wilayahnya bebas awan dan tidak banyak polusi suara, udara, dan cahaya. Kupang mempunyai cuaca wilayah kerin dan langit cerah tanpa polusi cahaya sehingga cocok untuk pembangunan observatorium. Observatorium nasional di Kupang nantinya akan menjadi jaringan pengamatan antariksa dan menjadi pusat penelitian langit selatan yang sangat penting.

Selain dengan Pemerintah Provinsi NTT dan Kabupaten Kupang, LAPAN juga akan menandatangani naskah kerja sama antara lain dengan Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kabupaten Banjar, ITB, Universitas Nusa Cendana, universitas Negeri Yogyakarta, Balitbang Kesehatan, dan PT CSM.








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL