Kompetensi Utama

Layanan


Observatorium Kupang akan Dilengkapi Pusat Sains
Penulis : Siti Sarifah Alia, Mitra Angelia • Media : Viva.co.id • 07 Oct 2015 • Dibaca : 19523 x ,

VIVA.co.id - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) telah memiliki rencana jangka panjang untuk observatorium nasional di Kupang. Kelar pada 2019, Lapan akan menyematkan pusat sains di observatorium tersebut.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Lapan, Thomas Djamaluddin, usai penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan Provinsi NTT dan Kabupaten Kupan di Kantor Lapan, Rawamangun, Jakarta Timur, Rabu, 7 Oktober 2015.

"Sains center itu akan menjadi jembatan antara faslitas ilmiah yang terbatas dan kebutuhan publik untuk mendapatkan informasi terkait dengan perkembangan sains dan antariksa serta astronomi," ujar Thomas.

Pusat edukasi sains itu sendiri, disebutkan Thomas, merupakan wujud dari kerja sama Lapan dengan daerah. Diharapkan pusat sains ini bisa menjadi saranan edukasi publik terkait dengan penelitian alam semesta. Mirip dengan apa yang sudah dilakukan di pusat observatorium Planetarium di Cikini, Jakarta.

"Observatorium ini nantinya berfungsi untuk penelitian dan edukasi. Pengembangan akan dilakukan, termasuk pemasangan teleskop optik yang akan dimanfaatkan untuk penelitian galaksi, tata surya dan matahari," ujar Thomas.

Selain itu, kata dia, di dalam observatorium Kupang itu juga akan dipasang teleskop radio yang juga berfungsi untuk penelitian.

Kawasan di sekitaran Gunung Tamau, Kupang, NTT, disebut Thomas, sebagai tempat lokasi Observatorium yang baru. Di tengarai, Kupang termasuk wilayah dengan kecerahan tertinggi di Indonesia. Wilayah tersebut juga relatif jauh dari penduduk sehingga polusi cahaya minimal sekali.


Sumber :
http://m.news.viva.co.id/news/read/684159-observatorium-kupang-akan-dilengkapi-pusat-sains








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL