Kompetensi Utama

Layanan


Terbuka untuk Umum, LAPAN Gelar Festival Sains Antariksa 2015
08 Oct 2015 • Dibaca : 33646 x ,

LAPAN akan menyelenggarakan Festival Sains Antariksa 2015. Festival dalam rangka World Space Week 2015 tersebut akan berlangsung pada Sabtu, 10 Oktober 2015 pukul 08.00 hingga 15.00 WIB di Pusat Sains Antariksa LAPAN, Jl. Dr. Djunjunan 133, Bandung, Jawa Barat. World Space Week adalah kegiatan tahunan internasional yang dideklarasikan oleh PBB dalam rangka memperingati kegiatan dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi serta kontribusinya dalam kehidupan manusia.

Dalam kegiatan tersebut, LAPAN akan mensosialisasikan hasil-hasil penelitian dan pengembangan keantariksaan kepada masyarakat dan kalangan pendidikan. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan masyarakat tentang alam semesta.

Tema World Space Week tahun ini yaitu Discovery, menekankan pada saat ini yang merupakan masa kejayaan penemuan luar angkasa. Hal ini mengandung arti bahwa mempelajari antariksa merupakan penemuan. Banyak hal yang dipelajari mengenai alam semesta selama satu dekade terakhir, contohnya yaitu penemuan-penemuan yang dilakukan oleh wahana antariksa antarplanet dengan Probe dan Lander. Kemudian, manusia juga terus menemukan planet luar tata surya, galaksi yang jauh, komet, satelit, dan asteroid.

Dalam World Space Expo kali ini, LAPAN akan menyelenggarakan berbagai kegiatan seperti ceramah umum, lomba menggambar estafet bagi siswa kelas 1 hingga 3 SD, kuis acak kata bagi siswa kelas 4 hingga 6 SD, kuis cerdas cermat bagi siswa SMP, dan lomba karya tulis ilmiah dengan tema eksperimen klinostat bagi siswa SMA. Selain itu, dalam kegiatan ini, masyarakat dapat mengunjungi pameran sains yang diselenggarakan LAPAN. Masyarakat juga dapat menjajal planetarium mini yang akan memberikan gambaran mengenai antariksa. Selain itu, masyarakat juga diberi kesempatan untuk melakukan pengamatan matahari menggunakan teleskop yang dimiliki LAPAN.

Bukan hanya itu, dalam World Space Expo kali ini, para siswa dan masyarakat umum dapat berkomunikasi langsung dengan Astronaut Jepang, Soichi Noguchi, melalui video conference. Noguchi akan berbagi pengalamannya selama menjadi astronaut dan menjawab pertanyaan dari para pengunjung. Video conference tersebut akan berlangsung pada pukul 08.30 hingga 9.30 WIB



Jakarta, 7 Oktober 2015

Narahubung:
Kepala Bagian Hubungan Masyarakat, Ir. Jasyanto, MM. (Hp. 081286287632)








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL