Kompetensi Utama

Layanan


Peringatan Dini Bencana Berbasis Iptek Penerbangan dan Antariksa Diperlukan oleh Daerah Garut
Penulis Berita : Humas/SA • Fotografer : Humas/SA • 08 Oct 2015 • Dibaca : 35798 x ,

Kepala PSTA LAPAN Halimurrahman (kanan) saat menjelaskan tentang hasil litbang LAPAN di Kantor Bappeda Kab. Garut, Rabu (7/10).

Kabupaten Garut dikenal sebagai wilayah dengan potensi risiko bencana peringkat pertama di Indonesia. Kondisi ini disebabkan oleh karakteristik topografi Kabupaten Garut yang sebagian besar terdiri atas perbukitan yang rawan longsor, kawasan pantai yang rawan tsunami, dan kawasan pegunungan serta lembah yang rawan terkena dampak letusan gunung api. Bisa dikatakan, sepertiga wilayah Kabupaten Garut rawan bencana alam. 

Hal tersebut merupakan salah satu latar belakang kegiatan sosialisasi hasil penelitian dan pengembangan LAPAN di Kantor Bappeda Kabupaten Garut pada Rabu (7/10). Dalam sosialisasi tersebut, Kepala Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer (PSTA) Halimurrahman menjelaskan gambaran umum hasil litbang LAPAN di bidang penerbangan dan antariksa. Pada bidang teknologi satelit, baru-baru ini LAPAN telah berhasil mengorbitkan satelit LAPAN-A2 melalui roket milik India. Salah satu misi satelit tersebut terkait dengan mitigasi bencana melalui komunikasi radio amatir. 

Secara spesifik, Halimurrahman menjelaskan beberapa hasil litbang PSTA terkait kebencanaan meliputi sistem Satellite Disaster Early Warning System (Sadewa), Sistem Embaran Maritim (Semar), dan Basis Data Atmosfer Indonesia (Bisma). 

Sadewa memberikan informasi pengamatan kondisi atmosfer secara near real time berbasis satelit dan prediksi kondisi atmosfer 24 jam ke depan berbasis model atmosfer untuk seluruh wilayah Indonesia dengan resolusi 5 kilometer. Informasi sadewa disampaikan melalui website, sedangkan informasi peringatan dini hujan ekstrim dapat disampaikan secara otomatis melalui sms-gateway. 

Semar merupakan salah satu sistem pendukung keputusan (DSS) bidang keselamatan pelayaran dan perikanan. Semar menggabungkan tiga pengamatan sekaligus mulai dari pengamatan berbasis satelit, penerbangan maupun pengamatan berbasis sensor di daratan dan lautan (in situ). Sejauh ini, Pemda DI Yogyakarta telah memanfaatkan Semar untuk mendukung kebijakan maupun keputusan strategis bidang kemaritiman. 

Pada sosialisasi tersebut juga disampaikan beberapa hasil penelitian PSTA dengan objek penelitian wilayah Kabupaten Garut. Salah satunya, penelitian Potensi Sumberdaya Iklim di DAS Cimanuk Hulu Kabupaten Garut. 

Dalam penelitian tersebut juga dilakukan simulasi perubahan iklim untuk memprediksi tingkat curah hujan di Kabupaten Garut hingga tahun 2070. Hasilnya, curah hujan akan meningkat setiap tahunnya. Begitupun dengan tingkat kekeringan yang akan mengalami peningkatan setiap tahunnya. Untuk itu, konsep pembangunan tata ruang dan tata guna lahan sebaiknya berlandaskan hasil litbang sains dan teknologi keantariksaan.

Menurut Halimurrahman, sosialisasi ini juga merupakan bagian dari interaksi sesama instansi pemerintah agar kegiatan LAPAN sebagai lembaga penelitian dan pengembangan bisa menyentuh kepada program kegiatan di daerah. Selain itu, Halimurrahman menambahkan, terdapat dua lokasi kawasan strategis nasional (KSN) di Garut Selatan yang menjadi tanggung jawab LAPAN yaitu KSN uji terbang roket dan KSN pengamatan dirgantara. "Tentu program LAPAN harus sinergi dengan yang sudah direncanakan pemerintah Garut," ujar Halimurahman. 

Perwakilan Bappeda Kabupaten Garut Rinandi Riyad menyambut baik kegiatan ini. Ia berharap hasil litbang LAPAN bisa menjadi bagian pendukung pembangunan di Kabupaten Garut. Sosialisasi turut dihadiri oleh perwakilan dari berbagai satuan kerja perangkat daerah (SKPD) Kabupaten Garut dan perwakilan perguruan tinggi setempat. 

Data Risiko Kebencanaan di Kabupaten Garut (Sumber: Bappeda Kab. Garut)

Ilustrasi Sadewa 3.0 (Sumber: PSTA)


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL