Kompetensi Utama

Layanan


Kepala LAPAN Resmikan Nomenklatur Baru Dua Kedeputian
Penulis Berita : Humas/SA • Fotografer : Humas/SA • 09 Oct 2015 • Dibaca : 42529 x ,

Kepala LAPAN Prof. Dr. Thomas Djamaluddin saat pengambilan sumpah empat pejabat Eselon I di lingkungan LAPAN.

Sebagai implementasi Undang Undang Nomor 21 Tahun 2013 tentang Keantariksaan, dibentuk Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 49 Tahun 2015 tentang Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional. Mengacu pada Pasal 5 Perpres tersebut, susunan organisasi LAPAN mengalami penyesuaian penamaan atau nomenklatur pada dua kedeputian. Semula Deputi Bidang Sains, Pengkajian dan Informasi Kedirgantaraan berubah menjadi Deputi Bidang Sains Antariksa dan Atmosfer serta Deputi Bidang Teknologi Dirgantara berubah menjadi Deputi Bidang Teknologi Penerbangan dan Antariksa. 

Kepala LAPAN Prof. Dr. Thomas Djamaluddin meresmikan perubahan nomenklatur tersebut pada Jumat (9/10) sekaligus melaksanakan pelantikan dan pengambilan sumpah terhadap empat pejabat dalam jabatan pimpinan tinggi madya di lingkungan LAPAN. Keempat pejabat tersebut adalah Drs. Ignatius Loyola Arisdiyo, M.Si sebagai Sekretaris Utama LAPAN, Dr. Orbita Roswintiarti, M.Sc sebagai Deputi Bidang Penginderaan Jauh, Drs. Afif Budiyono, M.T sebagai Deputi Bidang Sains Antariksa dan Atmosfer dan Dr. Rika Andiarti sebagai Deputi Bidang Teknologi Penerbangan dan Antariksa. 

Sementara itu, perubahan nomenklatur tidak terjadi pada Deputi Bidang Penginderaan Jauh dan Sekretariat Utama. “Deputi Inderaja dan Sekretariat Utama tetap, tetapi dengan penguatan tugas dan fungsi,” ujar Thomas. Pada kesempatan tersebut, Thomas mengingatkan kembali kepada seluruh pejabat tinggi di LAPAN untuk mewujudkan visi menjadi pusat unggulan penerbangan dan antariksa untuk mewujudkan Indonesia yang maju dan mandiri. 

“Dalam bahasa sederhana, saya menggunakannya sebagai slogan “LAPAN Unggul untuk Indonesia Maju, LAPAN Melayani untuk Indonesia Mandiri”,” Thomas mengingatkan. Lalu, terkait dengan program besar reformasi birokrasi di LAPAN, Thomas menekankan pentingnya penguatan atas kompetensi dan layanan LAPAN. “Reformasi birokasi ini dilaksanakan oleh seluruh jajaran LAPAN yang dikoordinasikan oleh Sestama,” kata Thomas. 

Penguatan kompetensi di bidang sains, teknologi, penginderaan jauh dan kajian kebijakan dituangkan dalam tujuh program utama untuk mencapai visi LAPAN sebagai pusat unggulan. Pada bidang sains antariksa dan atmosfer, LAPAN mengembangkan sistem pendukung kebijakan (DSS) sains antariksa, dan DSS sains atmosfer. Untuk teknologi penerbangan dan antariksa terdapat beberapa program utama diantaranya program pengembangan roket sonda menuju roket peluncur satelit (RPS), pengembangan pesawat transport nasional dan sistem pengawasan maritim berbasis pesawa tanpa awak (LSU) dan pesawat dua awak (LSA) LAPAN, serta pengembangan satelit mikro untuk menuju satelit operasional nasional. 

Pada bidang penginderaan jauh, dilakukan pengembangan Bank Data Penginderaan Jauh Nasional (BDPJN) agar bisa melayani seluruh kementerian, lembaga dan daerah, serta pengembangan sistem pemantau bumi nasional. “Sistem pemantau bumi nasional antara lain memantau atau melaksanakan kegiatan tanggap darurat seperti saat ini sedang berjalan, 24 jam LAPAN melakukan pemantauan kebakaran hutan dan asap,” kata Thomas. 

Pada kesempatan tersebut, Thomas juga mengingatkan nilai-nilai dasar yang patut dijadikan pegangan bersama untuk menjalankan program besar reformasi birokrasi dan tujuh program utama tersebut. Nilai dasar tersebut diantaranya pembelajar, rasional, konsisten, akuntabel serta berorientasi kepada layanan publik. Selain itu, Thomas juga menjelaskan dalam waktu dekat LAPAN akan melaksanakan seleksi terbuka untuk sembilan jabatan pimpinan tinggi pratama atau Eselon II. Kemudian secara simultan akan dilaksanakan seleksi terbuka internal untuk jabatan administrasi dan pengawas atau Eselon III dan IV.
 
“Semua proses seleksinya akan berakhir menjelang November dan seluruh jabatan akan diisi oleh pejabat-pejabat baru setidaknya pada awal Desember dan awal 2016 kita sudah menjalankan struktur baru secara lebih konsisten,” Thomas menjelaskan. 


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL