Kompetensi Utama

Layanan


Festival Sains Antariksa 2015, Kenalkan Keantariksaan Semenjak Dini
Penulis Berita : Humas/Sgd • Fotografer : Humas/Sgd • 12 Oct 2015 • Dibaca : 44953 x ,

LAPAN ikut berperan serta dalam mensosialisasikan hasil-hasil litbang keantariksaan kepada masyarakat dan kalangan pendidikan dalam rangka memperingati World Space Week yang dicanangkan oleh Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) setiap tanggal 4 – 10 Oktober. Tanggal ini memperingati 2 peristiwa yaitu, tanggal 4 Oktober 1957 adalah peluncuran satelit pertama buatan yaitu Sputnik 1 yang membuka jalan bagi eksplorasi antariksa, dan tanggal 10 Oktober 1967 adalah panandatangan Kesepakatan Prinsip Pengaturan Aktivitas Negara-negara dalam Eksplorasi dan Penggunaan Damai Angkasa Luar, termasuk Bulan dan Benda Langit Lainnya.

Festival ini sendiri dihelat oleh Pusat Sains Antariksa LAPAN di Kantor LAPAN Bandung Jl. Dr. Djundjunan, Bandung pada hari Sabtu (10/10). Dalam sambutan Ketua Panitia Festival Sains Antariksa 2015 yang disampaikan oleh Rasdewita Kusumaningrum, bahwa tujuan diselenggarakannya acara Festival Sains Antariksa 2015 adalah untuk meningkatkan pengetahuan siswa mengenai antariksa, astronomi, melakukan eksperimen terkait antariksa dan turut serta berkontribusi dalam memanfaatkan ruang angkasa dengan lebih baik untuk kemajuan ilmu pengetahuan. Kepala LAPAN, Prof. Thomas Djamaluddin dalam sambutannya berkata bahwa teknologi antariksa sudah mempengaruhi manusia sampai pada tingkat individu, festival ini diharapkan mendorong minat generasi muda sehingga suatu saat nanti semakin banyak anak Indonesia yang menjadi SDM unggul sehingga peran LAPAN dalam teknologi antariksa semakin kuat. Festival Sains Antariksa dan sosialisasi antariksa lainnya seperti Kompetisi muatan roket dan roket Indonesia (Komurindo) dan Kompetisi muatan balon atmosfer (Kombat) adalah upaya LAPAN mendorong minat generasi muda kepada teknologi penerbangan dan antariksa.

Selain teleconference dengan astronot Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA) Soichi Noguchi, Festival Sains Antariksa juga diramaikan dengan berbagai macam permainan dan peragaan ilmiah dari LAPAN. Tidak lupa, lomba-lomba yang diikuti oleh anak-anak Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas juga meramaikan Festival ini. Berikut juara nya :
a. Lomba Mewarnai Estafet :
Juara I : SD KPAD
Juara II : SD Angkasa 12
Juara III : SD Salman
b. Lomba Acak Kata :
Juara I : SD Al Irham
Juara II : SD Al Ma’Soem
Juara III : SD Ibnu Taimiyah
c. Lomba Cerda Cermat Tk. SMP se Bandung :
Juara I : SMP Taruna Bhakti
Juara II : SMP Negeri 1 Bandung
Juara III : SMP Alfa Centauri
Juara Harapan I : SMP Negeri 2 Bandung
Juara Harapan II : SMP Al Ma’Soem
d. Lomba Karya Tulis Ilmiah “Clinostat Xperiment” Tk. Nasional :
Juara I : SMA Negeri 3 Malang
Juara II : SMA Negeri 1 Bandung
Juara III : SMAK Immanuel
Juara Harapan I : SMA Negeri 17 Makassar
Juara Harapan II : MAN Sidoarjo



Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL