Kompetensi Utama

Layanan


Mahasiswa ITB Belajar Satelit di LAPAN
Penulis Berita : Humas/Fir • Fotografer : Humas/Fir • 12 Oct 2015 • Dibaca : 22863 x ,

Peneliti Madya Pusteksat LAPAN Robertus Heru Triharjanto menerangka hasil litbang satelit LAPAN

Sebanyak 25 orang mahasiswa Program Studi Telekomunikasi Institut Teknologi Bandung (ITB) berkunjung sekaligus melaksanakan kuliah lapangan di Pusat Teknologi Satelit (Pusteksat) LAPAN, Rancabungur, Bogor, pada Jumat (9/10). Dalam kesempatan tersebut, Peneliti Madya Pusteksat LAPAN Robertus Heru Triharjanto menerangkan tentang hasil penelitian dan pengembangan satelit di LAPAN, khususnya satelit LAPAN-A1/TUBSAT dan LAPAN-A2/ORARI. 

Heru menjelaskan Satelit LAPAN-A1 berhasil mengorbit pada 2007 silam dan mampu mengirimkan hasil pemantauannya dengan baik. Generasi selanjutnya yaitu LAPAN-A2 sukses diluncurkan pada 28 September 2015 lalu dengan membawa tiga misi utama pengamatan bumi, pemantauan kapal dan komunikasi radio yang saat ini masih dalam proses pengujian perangkat pasca peluncuran lalu. 

Para mahasiswa juga diberikan informasi tentang bagaimana caranya tracking terhadap satelit dengan menggunakan koneksi internet serta diberi pengetahuan tentang jenis-jenis satelit yang umum digunakan. Setelah mengikuti pemaparan, mereka diajak untuk melihat ruang produksi satelit LAPAN. Antusiasme mahasiswa cukup tinggi dalam mengikuti kegiatan perkuliahan lapangan tersebut. 


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL