Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN Selenggarakan Bimtek Pembenahan Arsip Inaktif
Penulis Berita : Humas/ Sdy • Fotografer : Dok. TU Ardok • 23 Oct 2015 • Dibaca : 9684 x ,

Peserta bimtek sedang praktek mengolah data

Bertempat di Pusat Teknologi Penerbangan (Pustekbang) Rumpin, Bogor, LAPAN selenggarakan bimbingan teknis (bimtek) kearsipan. Bimtek kali ini fokus pada aspek rekonstruksi atau penataan arsip inaktif menuju kearsipan yang tertib dan teratur. Kegiatan yang berlangsung pada Selasa – Rabu, 20 – 21 Oktober 2015 ini diikuti oleh para Pejabat Fungsional Arsiparis di lingkungan LAPAN.

Arsip inaktif merupakan arsip yang frekuensi penggunaannya telah menurun. Ia disimpan untuk referensi dan memori lembaga. Agar arsip tersebut dapat dimanfaatkan dalam manajemen penyelenggaraan negara, sebagai sumber informasi, dan akuntabilitas lembaga serta tidak menimbulkan masalah dikemudian hari maka harus dikelola dengan baik. 

Para peserta bimtek mendapatkan materi tahapan pembenahan arsip inaktif, seperti pemilahan arsip dan non arsip, entry data, pengolahan data, dan manuver fisik arsip. Selain mendapatkan materi teori, peserta bimtek juga mendapatkan materi praktek di tempat penyimpanan arsip sementara di Rumpin. Arsip-arsip tersebut sedang diolah untuk nantinya disimpan di gedung baru yang akan dibangun. 

Kepala Bagian Tata Usaha, Arsip dan Dokumentasi LAPAN Fira Marfira, saat pembukaan bimtek mengatakan bahwa LAPAN berupaya terus untuk meningkatkan pengelolaan arsip ke arah yang lebih baik. Upaya tersebut diwujudkan dalam tiga program yang berkaitan dengan peningkatan pembenahan pengelolaan kearsipan. Program pertama adalah rencana pembangunan gedung arsip yang berlokasi di kawasan LAPAN Rumpin, Bogor. 

Kemudian, program kedua yaitu rekonstruksi kearsipan yang bekerjasama dengan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) sebagai upaya pembenahan arsip inaktif. Dalam rekonstruksi ini ada transfer ilmu pengetahuan, karena Arsiparis LAPAN diberikan pengetahuan bagaimana mengelola arsip inaktif yang ‘kacau’ untuk dibenahi mulai dari pendataan sampai penyimpanan sehingga memudahkan proses temu-kembali arsip. Volume arsip yang akan dibenahi sebanyak 500 meter linier (satuan ukuran jumlah arsip). 

Program ketiga yaitu lomba unit kearsipan antar satuan kerja di LAPAN. Lomba ini diharapkan membawa efek positif terhadap pengelolaan arsip di masing-masing satker.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL