Kompetensi Utama

Layanan


Tiga Operator Penerbangan Dalam Negeri Sudah Pesan 75 Unit Pesawat N-219
Penulis : Erna Mardiana • Media : news.detik.com • 28 Oct 2015 • Dibaca : 9500 x ,

Bandung - Animo terhadap pesawat bermesin dua dengan 19 penumpang N-219 cukup bagus. Sejumlah operator sudah memesan pesawat buatan PT Dirgantara Indonesia tersebut.

"Sudah ada tiga operator yang MoU dengan PT DI, jumlahnya 75 unit. Satu operator lagi masih penjajakan, kalau jadi ada tambahan pemesanan 100 unit," ujar Chief Engineering N-219 Palmana Bhanandhi ditemui di hanggar PT DI, Jalan Pajajaran, Rabu (28/10/2015).

Menurutnya ketiga operator yang sudah mengikat kerjasama dengan PTDI tersebut berasal dari dalam negeri. Begitupun satu operator yang masih penjajakan.

"Kita fokus untuk Indonesia dulu. Kita fokus sertifikasi di dalam negeri dulu, Namun tidak tertutup kemungkinan kita ekspor," katanya.

Diakuinya saat ini Thailand sudah menyatakan minatnya untuk membeli N-219 untuk menggantikan pesawat nomad, yang mereka pakai saat ini.

Palmana menyatakan potensi pasar pesawat berukuran panjang 16 meter dengan sayap 19,5 meter ini cukup potensial. Terlebih bagi Indonesia yang terdiri dari kepulauan, terutama wilayah Indonesia Timur.

"Keunggulan pesawat ini punya karakteristik bagus, bisa manuver di kecepatan yang rendah, mampu dikendalikan melalui wilayah berbukit-bukit. Cocok seperti di Papua dan wilayah Indonesia Timur lainnya," ujarnya.

Menurutnya pesawat bermesin dua buah ini multi purpose. Bisa mengangkut penumpang ataupun kargo. " Bisa angkut orang, angku ternak, angkut barang. Dia juga point to point. Tidak perlu landasan yang bagus, tidak perlu diaspal sudah bisa landing. Dan tidak perlu landasan yang panjang," jelas Palmana.

Saat ini, kata dia, ada 320 bandara perintis di Indonesia. "N-219 untuk di bandara komersil pun bisa, mendarat di aspal dan runway yang panjang," tambahnya.
(err/try)

Sumber : http://news.detik.com/berita/3056085/tiga-operator-penerbangan-dalam-negeri-sudah-pesan-75-unit-pesawat-n-219








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL