Kompetensi Utama

Layanan


ISAST 2015 Bahas Pengembangan Teknologi Penerbangan dan Antariksa
Penulis Berita : Humas/ZK • Fotografer : Humas/ZK • 29 Oct 2015 • Dibaca : 39672 x ,

Kegiatan saat berlangsung ISAST 2015

LAPAN menyelenggarakan International Seminar on Aerospace Science and Technology (ISAST) ketiga. Kegiatan ini berlangsung pada 27 hingga 29 Oktober 2015 di Grand Inna Kuta, Bali. Kegiatan ini merupakan seminar internasional sebagai perluasan dari Seminar Nasional Iptek Dirgantara (Siptekgan). Tema ISAST tahun ini yaitu Pengembangan Teknologi Penerbangan dan Antariksa dalam Mendukung Pemantauan Maritim.

ISAST menjadi sarana pertukaran informasi yang berkaitan dengan penelitian dan pengembangan sains dan teknologi penerbangan bagi universitas, lembaga litbang, dan industri. Dalam kegiatan ini, didiskusikan topik-topik terkini dan pengembangan teknologi penerbangan dan antariksa di masa depan serta pemanfaatannya.

Kegiatan yang merupakan hasil kerja sama LAPAN dengan Universitas Udayana ini, bertujuan untuk mempublikasikan hasil-hasil penelitian ilmiah di tingkat internasioal yang merupakan bagian dari capaian Indeks Kinerja Utama Kedeputian Bidang Teknologi Penerbangan dan Antariksa. Ketua panitia ISAST ini, Dr. Heri Budi Wibowo, mengatakan bahwa seminar ini memperoleh respon positif dari peneliti dalam maupun luar negeri. Kegiatan ini juga menghasilkan beberapa komitmen kerja sama antaa LAPAN, Universitas Udayana, Bali, Konkuk University Korea, dan Chiba University Jepang. Kerja sama ini akan mengantarkan ISAST ke internasional. Tahun depan, ISAST ke-4 pada 2016 akan diselenggarakan di Senggigi, Lombok. Sementara itu, ISAST berikutnya ke-5 pada 2007 akan diselenggarakan di Jepang.

Pada ISAST kali ini makalah yang dipresentasikaan berkaitan dengan hasil penelitian dan pengembang teknologi penerbangan, UAV, satelit, dan roket. Para pembicara dalam kegiatan ini antara lain dari Konkuk University membahas mengenai pengembangan teknologi penerbangan dan antariksa, Chiba University membahas mengenai pengembangan pesawat UAV untuk maritim dan pesawat ringan dua penumpang serta teknologi litkayasa seperti Plasma Printing dan Micro-NanoManufacturing.

Kepala Pusat Teknologi Penerbangan LAPAN, Gunawan Setyo Prabowo, menjelaskan, “penyelenggaraan ISAST ini merupakan upaya untuk mengangkat hasil penelitian dan mempublikasikannya pada level internasional. Ini sesuai dengan cita-cita dan visi LAPAN untuk menuju pusat unggulan dan mendiseminasikan hasil-hasil penelitian ke level internasional. Selain itu, kegiatan ini juga untuk membangun kolaborasi penelitian dengan para peneliti internasional. Di masa depan, ISAST akan dipromosikan melalui APRSAF agar komunitas teknologi penerbangan dan antariksa di lingkup Asia Pasifik dapat berpartisipasi.”

ISAST 2015 merupakan momen yang sangat tepat dan strategis karena hasil penelitian dan pengembangan teknologi antariksa Indonesia melalui LAPAN sudah bertaraf internasional. Hal ini dibuktikan dengan suksesnya peluncuran Satelit Lapan-A2 karya anak bangsa dengan menggunakan roket India pada 28 September 2015. Satelit berbobot 78 kilogram ini akan melintasi Indonesia 14 kali sehari setiap 90 menit.

Selain itu, dalam bidang penerbangan LAPAN dan PT Dirgantara Indonesia berkomitmen mewujudkan pesawat transport nasional yang sepenuhnya dirancang oleh putra-putri Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan pembuatan pesawat penumpang berkapasitas 19 orang yang bernama N219. Pesawat N219 kelak menjadi moda transportasi utama bagi pulau-pulau di Indonesia yang tidak dapat ditempuh oleh jalur darat dan laut. Pesawat ini siap diperkenalkan kepada publik pada November 2015.

Seminar ini diikuti oleh peserta dari berbagai negara antara lain Indonesia, Jepang, Inggris, Korea, dan Arab Saudi. Kegiatan ini juga dihadiri oleh staf ahli Menristekdikti Bidang Infrastruktur Hari Purwanto, dan Rektor Universitas Udayana, Prof. Dr. Ketut Suastika.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL