Kompetensi Utama

Layanan


Ini Keunggulan Pesawat N219 Buatan PT DI dan LAPAN
Penulis : Iqbal T. Lazuardi S. • Media : Tempo.co.id • 30 Oct 2015 • Dibaca : 16798 x ,

TEMPO.CO , Bandung: PT Dirgantara Indonesia akan memperkenalkan pesawat N219 pada November mendatang. Proyek pembuatan pesawat dari hasil kerjasama antara Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional dengan PT DI yang bisa menampung sekitar 19 penumpang ini pengerjaannya sudah mencapai 90 persen.

Chief Engineering N219, Palmana Banandhi, mengklaim jika pesawat ini lebih unggul dibandingkan kompetitor di kelasnya. Salah satu keunggulannya adalah kemampuan pesawat yang bisa mengangkut barang dan manusia. "Jadi pesawat ini mampu menarik keuntungan pilot 500 kilogram dari pesaingnya. Kalau dari sisi performance hampir sama," ujar Palmana kepada Tempo, Kamis, 29 Oktober 2015.

Selain itu, dia mengatakan teknologi pesawat yang digunakan pada N219 menggunakan teknologi yang paling mutakhir. Jika dibandingkan dengan pesawat sekelas seperti twin oter yang menggunakan teknologi mesin tahun 1960. Palmana mengatakan pesawat ini lebih prima. “Dari sisi aerodynamic menggunakan teknologi tahun 90-an. Karena kami menggambungkan antara teknologi air foil CN 235 dengan N250, secara teknologi ini lebih unggul," ujar dia.

Keunggulan N219 lainnya adalah pesawat ini mampu take off atau landing di segala jenis landasan, baik landasan tak beraspal atau landasan tanah. "Pesawat ini dirancang untuk memenuhi di wilayah perintis. Di mana di wilayah tersebut belum memilki fasilitas bandara yang sempurna," ujarnya.

Menurut Palmana, pesawat ini sangat cocok dioperasikan di Indonesia bagian timur. Selain dapat mendarat di landasan tanah, pesawat ini mampu bermanuver pada kecepatan rendah. "Ini cocok untuk di wilayah Papua. Karena di wilayah sana berbukit-bukit sehingga membutuhkan pesawat yang bisa terbang dengan kecepatan yang sangat rendah agar bisa menyusupi bukit-bukit di sana," katanya.

Palmana mengatakan, proses pembuatan pesawat hingga saat ini tengah mencapai tahap sertifikasi. Sertifikasi tersebut dilakukan pada setiap komponen-komponen pesawat. "Setiap single part pasti dilakukan pemeriksaan oleh inspektor PT DI dan Kementerian Perhubungan," ujar Palmana.

Sumber :
http://m.dev.tempo.co/read/news/2015/10/30/061714360/Ini-Keunggulan-Pesawat-N219-Buatan-PT-DI-dan-LAPAN








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL