Kompetensi Utama

Layanan


FGD: Pembangunan Desa Perlu Data Penginderaan Jauh Resolusi Tinggi
Penulis Berita : Humas/Meg • Fotografer : Humas/Tasya • 30 Oct 2015 • Dibaca : 37133 x ,

Penandatanganan naskah perjanjian kerja sama antara LAPAN dan BIG disaksikan oleh Kepala LAPAN (kanan) dan Kepala BIG.

Program Nawacita yang telah dicanangkan pemerintah menekankan bahwa pembangunan harus dimulai dari kawasan pinggiran. LAPAN mendukung program tersebut dengan menyediakan data penginderaan jauh beresolusi tinggi. Dukungan ini sesuai dengan amanat Inpres Nomor 6 Tahun 2012 dan Undang-undang Nomor 21 Tahun 2013 Tentang Keantariksaan. Data penginderaan jauh beresolusi tinggi tersebut bermanfaat ntuk keperluan perencanaan tata ruang desa.

Hal tersebut dijelaskan oleh Kepala LAPAN, Prof. Dr. Thomas Djamaluddin, saat Focus Group Discussion Kebutuhan dan Pemanfaatan Data Penginderaan Jauh untuk Mendukung Program Nawacita. Kegiatan ini berlangsung di Hotel Best Western, Jakarta, Jumat (30/10). Kegiatan ini merupakan kerja sama antara LAPAN dengan Badan Informasi Geospasial (BIG) untuk memperoleh masukan dari para pemangku kebijakan tingkat pusat. Kegiatan ini diikuti oleh berbagai kementerian dan lembaga pemerintah.

Data satelit yang diperoleh LAPAN tersimpan di bank data penginderaan jauh. Data tersebut bisa dimanfaatkan oleh semua lembaga pemerintah demi kepentingan nasional. Hal ini juga merupakan bentuk pelayanan ke daerah secara lebih paripurna. Kepala LAPAN mengatakan bahwa penyediaan citra satelit ini juga merupakan bentuk layanan LAPAN yang dalam menyediakan data secara cepat dan akurat sebagai dasar pengambilan keputusan yang tepat. Contoh layanan ini yaitu informasi berbasis data penginderaan jauh terkait kebakaran hutan atau lahan sebagai bahan masukan bagi para pemangku kepentingan.

Deputi Bidang Penginderaan Jauh LAPAN, Dr. Orbita Roswintiarti mengatakan bahwa sejak tahun lalu, LAPAN telah mengadakan citra satelit beresolusi tinggi untuk berbagai keperluan. Citra tersebut kemudian di-orthorektifikasi atau dikoreksi geometrik menggunakan ground control point oleh BIG. LAPAN dan BIG juga memiliki nota kesepahaman untuk pengadaan citra beresolusi sangat tinggi di bawah satu meter. Saat ini, data penginderaan jauh beresolusi tinggi yang ada telah mencakup wilayah seluas 335.000 kilometer per segi. Data beresolusi tinggi, terutama dengan resolusi di bawah satu meter, digunakan untuk mendukung gerakan desa dan kawasan tertinggal.

Kerja sama LAPAN dan BIG terus berlanjut dengan adanya nota kesepahaman tahap dua untuk menyediakan citra penginderaan jauh beresolusi tinggi berikutnya dengan cakupan yang lebih luas yaitu 607.000 kilometer per segi. Citra ini diutamakan untuk peta dasar desa, peta dasar administrasi, pengukuran kehutanan, dan pengukuran desa.

Citra penginderaan jauh beresolusi tinggi saat ini sangat penting bagi Indonesia. Kepala BIG, Dr. Priyadi Kardono, mengatakan, hal ini disebabkan, pemerintah memprioritaskan pembangunan dari kawasan pinggiran. Untuk itu BIG harus dapat menyediakan peta dasar untuk keperluan tersebut yang diperoleh dari citra satelit beresolusi tinggi.

Ia melanjutkan, data penginderaan jauh memiliki berbagai manfaat terutama untuk mendeteksi adanya perubahan di permukaan bumi, contohnya perubahan luas sawah. Citra satelit tersebut juga sangat penting bagi penyusunan rencana tata ruang desa. Untuk kebutuhan desa tersebut diperlukan peta berskala 1:5000, artinya memerlukan citra satelit beresolusi tinggi untuk mewujudkannya.

Dalam FGD ini, LAPAN dan BIG menandatangani naskah Perjanjian Kerja Sama (PKS) tentang pengadaan data citra satelit optis resolusi sangat tinggi sebagai data dasar untuk pembuatan peta dasar Rencana Detail Tata Ruang (RDTR). Naskah ditandatangani oleh Kepala Pusat Pemanfaatan Teknologi Dirgantara LAPAN, Muchamad Muchlis, dan Pejabat Pembuat Komitmen Deputi Bidang Informasi Geospasial Dasar (IGD) I BIG, Fajar Triady Mugiarto. Kepala LAPAN mengatakan bahwa kerja sama ini untuk menyediakan data citra yang terkoreksi guna membuat peta dasar yang standar.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL