Kompetensi Utama

Layanan


Mahasiswa ITB Belajar Pemanfaatan Penginderaan Jauh di LAPAN
Penulis Berita : Humas/Tanya • Fotografer : Humas/Tasya • 29 Oct 2015 • Dibaca : 28837 x ,

Mahasiswa ITB saat mengunjungi ruang oelayanan data penginderaan jauh LAPAN.

Sebanyak 100 mahasiswa dan empat dosen Meteorologi Institut Teknologi Bandung (ITB) berkunjung ke Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh (Pustekdata) LAPAN di Pasar Rebo, Jakarta Timur, kamis (29/10). Kepala Bidang Teknologi Pengolahan Data LAPAN, Kustiyo, dalam sambutannya mengungkapkan harapannya agar kunjungan ini dapat menambah wawasan dan informasi bagi mahasiswa tentang teknologi data penginderaan jauh dan pemanfaatannya.

Pada kunjungan ini, peneliti LAPAN, Fadila Muchsin memberikan penjelasan tentang tugas dan fungsi teknologi dan data penginderaan jauh. Tugas Pustekdata ialah melaksanakan kegiatan penelitian dan pengembangan teknologi sistem akuisisi dan stasiun bumi, pengolahan data serta pengembangan bank data penginderaan jauh. Fungsi pustekdata yaitu penelitian dan pengembangan teknologi sistem akuisisi dan stasiun bumi, penelitian dan pengembangan sistem pengolohan data, penelitian dan pengembangan Bank Data Penginderaan Jauh Nasional (BDPJN), pembinaan teknis di bidang teknologi dan data penginderaan jauh, dan pelaksanaan kerja sama teknis di bidang teknologi dan data penginderaan jauh.

BDPJN mempunyai fungsi untuk mengumpulkan, menyimpan, dan mendistribusikan metadata dan data penginderaan jauh wilayah Indonesia. Bank data tersebut juga menyediakan data penginderaan jauh dengan tutupan awan minimal dan bebas awan setiap tahun untuk seluruh wilayah Indoensia. BDPJN juga menjadi menjadi simpul data penginderaan jauh satelit dalam sistem jaringan data spasial nasional dan menyediakan fasilitas pengolahan data penginderaan jauh bagi para pengguna di luar lembaga.

Selanjutnya mahasiswa diberikan penjelasan tentang Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh (Pusfatja) oleh peneliti LAPAN, Indah Prasasti. Fungsi Pusfatja yaitu melaksanakan penelitian dan pengembangan pemanfaatan data penginderaan jauh. Pusat ini melaksanakan tugas penelitian dan pengembangan model pemanfaatan untuk sumberdaya wilayah darat, penelitian dan pengembangan model pemanfaatan untuk sumberdaya wilayah pesisir dan laut, penelitian dan pengembangan model pemanfaatan untuk pemantauan lingkungan dan mitigasi bencana alam, penelitian dan pengembangan nilai tambah data dan standardisasi produksi informasi, serta pelaksanaan kerja sama teknis di bidang pemanfaatan penginderaan jauh. Indah menjelaskan bahwa penginderaan jauh bermanfaat untuk pemantauan bumi seperti pemantauan sumber daya wilayah darat, wilayah pesisir dan laut, serta lingkungan dan mitigasi bencana.

Di akhir kunjungan, para mahasiswa diberi kesempatan untuk mengunjungi ruang pelayanan data penginderaan jauh, data center penginderaan jauh, dan stasiun bumi penginderaan jauh.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL