Kompetensi Utama

Layanan


Lapan dan BIG Siapkan Peta Akurat Batas Desa di Seluruh Indonesia
Penulis : Henny Ariesta Diana • Media : Sainsindonesia.co.id • 30 Oct 2015 • Dibaca : 30305 x ,

Jakarta, Sains Indonesia - Data atau peta berbasis citra satelit yang digunakan kementerian/lembaga di Indonesia saat ini tidak detil dan kurang akurat. Padahal data yang umumnya diperoleh dari sumber yang sudah "jadul" tersebut digunakan sebagai acuan untuk merumuskan dan memutuskan kebijakan strategis.



Kepala Badan Informasi Geospasial (BIG) Priyadi Kardono mengatakan kini BIG dan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) tengah menyelesaikan pemetaan wilayah Indonesia hingga detil batas desa. Peta dengan skala 1:5.000 tersebut akan menjadi rujukan terkini dan paling akurat, yang harus dimanfaatkan untuk acuan pengambilan kebijakan.

"Desember kita harapkan bisa selesai. Setelah koreksi dan beberapa tahap lain, Maret 2016 kita targetkan sudah bisa diluncurkan sehingga dapat segera dimanfaatkan. Peta tersebut akan detil menampilkan sampai pada batas desa di seluruh Indonesia," kata Priyadi dalam Focus Group Discussion mengenai Pemanfaatan Data Penginderaan Jauh, yang diselenggarakan oleh Lapan di Jakarta, Jumat (30/10).

Kepala Lapan Thomas Djamaluddin juga mengaku prihatin karena selama ini berbagai kebijakan, termasuk perencanaan pembangunan yang menjangkau daerah pinggiran (terpencil dan terluar) tidak mengacu pada data akurat. Oleh karena itu, sebagai tindak lanjut harapan Presiden Joko Widodo agar pembangunan tidak lagi dari pusat ke daerah, namun dimulai dari desa, Lapan dan BIG terpacu untuk menyediakan peta berbasis data penginderaan jauh yang lebih detil dan akurat.

"Data citra satelit dengan resolusi sangat tinggi ini akan sangat bermanfaat bagi pemerintah. Misalnya, untuk program dana bantuan desa yang digulirkan pemerintah. Dengan data akurat berapa jumlah desa dan di mana lokasinya, program tersebut tentu akan lebih cepat sampai pada sasaran," kata Thomas Djamaluddin.

Pria yang akrab disapa Djamal ini menambahkan, Lapan telah menyelesaikan pemetaan sekitar 930.000 km2 dari target 1,9 juta km2 luas daratan Indonesia. "Untuk memperoleh data yang sangat detil dan akurat, kami menggunakan citra dengan resolusi sangat tinggi, di bawah satu meter. Karena BIG memang ingin sampai batas-batas desa itu terlihat jelas. Untuk beberapa kawasan bisa dengan resolusi sedang dan tinggi," katanya.








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL