Kompetensi Utama

Layanan


Pesawat Desain LAPAN dan PTDI Dibanderol Rp 75 Miliar
Penulis : Rep: Agus Yulianto/ Red: Dwi Murdaningsih • Media : republika.co.id • 12 Nov 2015 • Dibaca : 5656 x ,

BANDUNG -- Pesawat komuter CASR ER berkapasitas 19 penumpang dengan dua mesin Turboprop, dibanderol dengan harga berkisar 5 juta - 6 juta juta dolar AS per unit. Pesawat yang ide dan desainnya dikembangkan oleh PTDI dan LAPAN ini, diharpakan akan terbang landas pada HUT PTDI pada Agustus 2016.

"Kita jual juga ngga mau murah-murah. Tapi, itu bisa dilihat nanti, bila pesannya banyak maka ada diskon tertentu," kata Presiden Direktur PTDI Budi Santoso, menjawab Republika.co.id, usai acara syukuran perancangan dan pembangunan desain struktur pesawat, Kamis (12/11).

Dikatakan Budi, investasi untuk membuat pesawat ini sekitar Rp 500 miliar. Semua investasi itu, kata dia, pendanaannya berasal dalam negeri. Terbesar dari LAPAN.

Diakuinya, banyak invertor dalam dan luar negeri yang ingin menanamkan modalnya untuk pembuatan pesawat N219 ini. Namun, pihaknya berupaya sekuat mungkin untuk menggunakan modal dari dalam negeri sendiri. Apalagi, kata Budi, ide, desain, proses pengerjaan hingga selesai pesawat N219 dilakukan oleh tenaga-tenaga ahli dalam negeri.

"Jadi, ini pertaruhan kita pada dunia internasional menyangkut kualitas dan kehandalan produksi pesawat dalam negeri (PTDI)," tegasnya.

Meski belum diproduksi secara masal, diakui Budi, pemesanan pesawat N219 ini sudah banyak dilakukan oleh negara-negara lain. "Saya belum jamin ya, tapi seperti Thailand, Kanada sudah ada keinginan untuk membeli pesawat ini," ujarnya.








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL