Kompetensi Utama

Layanan


Indonesia Siap Sambut Gerhana Matahari Total 2016
Penulis Berita : Humas/Sur • Fotografer : Humas/Sur • 16 Nov 2015 • Dibaca : 135065 x ,

Kepala LAPAN bersama para pemenang kompetisi dalam Pekan Raya Fisika 2015.

Kepala LAPAN, Prof. Dr. Thomas Djamaluddin, mengatakan bahwa Indonesia siap menyambut gerhana matahari total pada 9 Maret 2016. Gerhana tersebut diprediksi akan terjadi di 10 provinsi yaitu Bengkulu, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara.

Hal tersebut disampaikan dalam seminar nasional menyongsong gerhana matahari total 2016 di Universitas Tadulako, Palu, Sulawesi Tengah, Sabtu (14/11). Seminar ini merupakan rangkaian Pekan Raya Fisika 2015 bertema Menembus Batas Cakrawala yang berlangsung pada 7-14 November 2015. Seminar diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Fisika Fakultas MIPA Universitas Tadulako.

Thomas mengatakan, terdapat dua jenis gerhana yaitu gerhana bulan dan gerhana matahari. Gerhana bulan terjadi ketika piringan bulan masuk dalam bayang-bayang bumi. Sementara itu, gerhana matahari terjadi ketika piringan bulan menutupi sebagian atau seluruh piringan matahari. Gerhana matahari dapat dibedakan yaitu gerhana matahari total, cincin, dan sebagian.

Gerhana matahari total pada 2016 merupakan kejadian langka sehingga sangat menarik bagi para peneliti serta masyarakat umum. Kejadian ini tidak akan membahayakan bagi yang menyaksikan.

Mengamati gerhana matahari memerlukan cara tertentu agar aman. Thomas menyarankan untuk menggunakan kacamata matahari yang dilapisi filter khusus matahari. Hal ini untuk mencegah kerusakan mata jika mengamati secara langsung tanpa alat bantuan.

Thomas melanjutkan, Kota Palu akan mengalai gerhana pada pukul 08.37:47 WITA dengan durasi sekitar dua menit empat detik.

Seminar nasional tersebut juga menghadirkan pembicara Dekan Fakultas MIPA Universitas Tadulako, Dr. H. Muh. Rusydi, yang membahas tentang Peran Perguruan Tinggi Dalam Menyambut Gerhana Matahari Total 2016, dan Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kota Palu Susi Elfira Wahyuni Mastura, yang membahas tentang Kesiapan Pemerintah Kota Palu Menyambut Gerhana Matahari Total 2016.

Seminar dihadiri oleh Ketua Jurusan Fakultas MIPA, Sekretaris Jurusan Fakultas MIPA, para dosen, para guru, mahasiswa, lembaga pendidikan, siswa Sekolah Menegah Umum dan Siswa Sekolah Menegah Pertama. Peserta berjumlah 400 orang.

Selain seminar, Pekan Raya Fisika 2015 juga dimeriahkan oleh lomba roket air untuk tingkat Sekolah Dasar, lomba physics science competition (olimpiade teori dan eksperimen fisika) tingkat Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Umum se-provinsi Sulawesi Tengah, dan lomba energy paper competition (karya tulis ilmiah mahasiswa tingkat nasional).


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL