Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN: Indonesia Sudah Bisa Buat Satelit Sendiri
Penulis : Mohammad Mamduh • Media : Metrotvnews.com • 23 Nov 2015 • Dibaca : 27952 x ,

Metrotvnews.com, Jakarta: Sejak pertama kali didirikan, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), pemerintah memiliki cita-cita untuk memiliki teknologi penerbangan dan antariksa secara mandiri. Hal itulah yang sampai saat menjadi landasan mereka yang bekerja di LAPAN untuk terus bereksperimen dalam teknologi antariksa.

Hal ini disampaikan oleh Ketua LAPAN, Thomas Djamaluddin, saat konferensi pers terkait satelit mikro LAPAN-A2 di Rawamangun, Jakarta Timur, Senin (23/11/2015). “Cita-cita itu semakin nyata ketika kita berhasil meluncurkan satelit Palapa,” jelas Thomas.

Wujud berikutnya dari cita-cita itu adalah LAPAN-A1. Satelit mikro yang pembuatannya dipimpin oleh professor dari Jerman, tetapi semua teknisinya adalah orang Indonesia. Menciptakan satelit mandiri memang tidak mudah dan murah. Mereka juga berencana untuk membuat satelit dengan ukuran dan kebutuhan yang lebih luas, termasuk satelit telekomunikasi.

LAPAN pada awalnya mengirimkan berbagai teknisi mereka ke Jerman untuk belajar sekaligus menggarap satelit, termasuk pembuatan LAPAN-A1. Satelit mikro kedua LAPAN-A2 dibuat di Bogor, Jawa Barat, yang sebagian materialnya masih berasal dari luar negeri. LAPAN mengatakan perlahan-lahan mereka akan membuat komponennya sendiri.

Untuk pembuatannya, satelit mikro LAPAN-A2 memakan dana sekitar Rp40 miliar, ditambah dengan biaya peluncuran Rp 7 miliar. Lanjut Thomas, LAPAN-A2 menjadi sebuah kemandirian Indonesia dalam mengembangkan teknologi antariksa.

Pengembangan teknologi ini sulit, termasuk penyediaan fasilitas lab mandiri, yang tidak akan bergantung dengan luar negeri. Namun, secara kemampuan, para teknisi Indonesia bisa dibilang sangat sanggup dalam menggarap teknologi antariksa.

Sumber :
http://teknologi.metrotvnews.com/read/2015/11/23/453466/lapan-indonesia-sudah-bisa-buat-satelit-sendiri








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL