Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN Tularkan Semangat Gemar Baca
24 Nov 2015 • Dibaca : 7632 x ,

LAPAN akan menyelenggarakan Living Library & Book Talk dengan tema “Book & Me: Book Inspiring Me”. Talkshow akan berlangsung pada 25 November 2015 pukul 09.30 hingga 12.00 WIB di Balai Pertemuan Dirgantara LAPAN, Lantai 3 Kantor LAPAN Pusat, Rawamangun, Jakarta Timur.

Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka memperingati HUT ke-52 LAPAN yang jatuh pada tanggal 27 November 2015 dan Hari Gerakan Nasional Membaca yang dicanangkan oleh Presiden Megawati pada Tahun 2002. Selain itu juga dilatarbelakangi oleh semangat untuk meningkatkan minat baca dan kecintaan terhadap dunia antariksa.

Pada kegiatan ini menampilkan Kepala LAPAN, Prof. Dr. Thomas Djamaludin, M.Sc, sebagai sosok yang gemar membaca dan banyak menghasilkan karya tulis di berbagai media. Kecintaan beliau terhadap dunia antariksa diawali dari hobinya membaca buku dan majalah mengenai antariksa sejak dini hingga akhirnya beliau melanjutkan pendidikan hingga ke jenjang tertinggi dan berkarir di bidang antariksa. Pak Djamal sebagai living library (perpustakaan hidup) diharapkan dapat memberikan motivasi dan inspirasi serta menularkan semangat gemar membaca, serta meningkatkan minat dunia antariksa.

Konsep living library ini pada dasarnya sama seperti cara kerja pada perpustakaan, hanya yang berbeda pada kegiatan ini yang menjadi buku adalah manusia dan kegiatan membaca menjadi percakapan. Aktivitasnya menjadikan individu sebagai "pembaca" yang berbicara dengan "buku" yaitu audiens.

Selain living library pada kegiatan ini juga akan diselenggarakan Bicara Buku (Book Talk) yang akan mendiskusikan buku karya Prof. Dr. Ir. Eddy Hermawan, M.Sc yang berjudul “Indeks Monsun, Asia-Australia dan Aplikasinya”. Buku ini mencoba memberikan jawaban atas fenomena yang telah menghambat produktivitas pertanian Indonesia. Dibahas secara komprehensif mulai dari mekanisme terjadinya monsun, faktor-faktor yang memengaruhi dinamika monsun, hingga dampak anomali monsun yang terjadi. Sebagai tujuan utama, buku ini mencoba memformulasikan satu model prediksi dinamika iklim, khususnya curah hujan dan angin dalam satu bentuk indeks monsun yang sesuai dengan kondisi wilayah Indonesia.

Buku ini dapat dimanfaatkan oleh para pengambil kebijakan, praktisi, dan akademisi dalam memprediksi anomali curah hujan, khususnya yang terjadi di kawasan sentra produksi tanaman pangan yang tersebar di beberapa kawasan Indonesia.








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2020 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL