Kompetensi Utama

Layanan


Rencana Induk Penyelenggaraan Keantariksaan Amanat UU No 21 Tahun 2013
Penulis Berita : Humas/rizki • Fotografer : Humas/rizki • 24 Nov 2015 • Dibaca : 17497 x ,

Kepala LAPAN, Prof Thomas Djamaluddin saat membuka Acara Forum Komunikasi Kelitbangan di Balai Pertemuan Dirgantara, Kantor LAPAN Pusat 24/11

LAPAN bekerjasama dengan Forum Komunikasi Kelitbangan Kementerian/lembaga menyelenggarakan “Sosialisasi Rencana Induk Penyelenggaraan Keantariksaan Tahun 2019-2039” selasa, (24/11) di Balai Pertemuan Dirgantara, Kantor Pusat LAPAN. 
“UU No.21 Tahun 2013 Tentang Keantariksaan mengamanatkan disusunnya Rencana Induk Keantariksaan sebagai pedoman nasional untuk penyelenggaraan keantariksaan sebelum nantinya ditetapkan melalui Keputusan Presiden”ujar Kepala Biro Kerjasama dan Humas, Agus Hidayat saat memberikan laporannya sebagai ketua panitia kegiatan ini. 

Forum komunikasi kelitbangan kementerian/lembaga ini bertujuan memperluas jaringan dan membangun sinergisitas peneliti antar lembaga litbang pemerintah dalam meningkatkan profesionalitasnya. Forum Komunikasi ini menjadi wadah bagi lembaga pemerintah dalam menginformasikan tugas, pokok, dan fungsi dari masing-masing lembaga litbang kementerian/lembaga.

Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Prof Thomas Djamaluddin mengatakan “bahwa UU No.21 Tahun 2013 tentang keantariksaan menjadi pijakan kuat bagi LAPAN dalam penyelenggaraan penerbangan dan keantariksaan”. Lebih lanjut ia menjelaskan undang – undang keantariksaan ini bersifat nasional dan melibatkan seluruh kementerian lembaga yang terkait. Namun dalam segi substansinya kegiatan penyelenggaran keantariksaan lebih dominan dilaksanakan oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN).

Sesuai dengan amanat UU No.21 Tahun 2013 LAPAN telah menyusun rencana induk penyelenggaraan keantariksaaan sebagai pedoman nasional dan saat ini proses tersebut memasuki tahap harmonisasi dan akan segera ditetapkan melalui Keputusan Presiden. Selain penyusunan rencana induk penyelenggaraan keantariksaan, LAPAN saat ini telah menyusun rancangan Peraturan Pemerintah terkait dengan Penyelenggaraan Keantariksaan di Bidang Teknologi Penginderaan Jauh.

Dalam Presentasinya Sekretaris Utama LAPAN, Arisdiyo memaparkan mengenai tujuan disusunnya Rencana Induk Penyelenggaraan Keantariksaan Nasional 2015-2039 untuk memberikan arah sekaligus menjadi pedoman nasional dalam mewujudkan cita-cita keantariksaan nasional sesuai dengan visi,misi dan arah pembangunan yang dilakukan oleh penyelenggaraan Keantariksaan di Indonesia. 

Berbagai pertimbangan dalam penyusunan rencana induk ini berdasarkan sains antariksa, penguasaan teknologi keantariksaan, peluncuran (bandar udara riset dan antariksa) dan komersialisasi kegiatan keantariksaan. Pertimbangan selanjutnya yaitu lingkungan strategis nasional Indonesia berdasarkan (letak geografis , SDA, ideologi, politik, hukum, ekonomi dan Iptek).

Forum komunikasi Kelitbangan Kementerian/lembaga ini merupakan rangkaian dari HUT LAPAN Ke 52 dan dihadiri oleh Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan HAM Ambeg Paratwama, perwakilan dari BNN dan berbagai instansi lembaga litbang pemerintah lainnya. 


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL