Kompetensi Utama

Layanan


Sejak Diluncurkan, Satelit LAPAN Masih Berfungsi Baik
Penulis : Faisal • Media : Poskotanews.com • 24 Nov 2015 • Dibaca : 29351 x ,

JAKARTA (Pos Kota) – Satelit LAPAN-A2/ORARI buatan Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (LAPAN) yang diluncurkan pada 28 September 2015 lalu ternyata hingga saat ini masih berfungsi dengan baik.

Karena itu pada 2016 mendatang LAPAN kembali akan meluncurkan satelit mikro buatan sendiri yaitu LAPAN A3.

“Selanjutnya kita akan meluncurkan LAPAN-A3 yang mudah-mudahan akan kita lakukan pada pertengahan tahun 2016,” kata Thomas Djamaluddin, Ketua LAPAN, kemarin.

Saat ini satelit tersebut sedang dalam tahapan pembuatan di Bogor. Dalam pembuatannya Lapan bekerja sama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB). Satelit LAPAN A3 melibatkan IPB karena satelit tersebut dirancang untuk memantau lahan pertanian.

Nantinya LAPAN A3 bisa memantau pertumbuhan padi, daerah siap tanam dan panen. Satelit ini memang khusus untuk digunakan dalam bidang pertanian.

Kendati demikian LAPAN A3 juga akan mengedepankan memantau kerusakan lingkungan. Biaya yang diperlukan dalam memproduksi Satelit yang digunakan untuk keperluan pertanian tersebut mencapai Rp 65 miliar.

Akan Ada Satelit Lain

Menurut Thomas, nanti juga akan ada satelit-satelit yang akan dibuat oleh Lapan untuk keperluan lainnya.

Pihaknya juga, akan kerjasama dengan BMKG dan akan buat LAPAN-A4, itu akan dilengkapi dengan meteorologi, dan juga akan ada LAPAN-A5 yang akan dilengkapi radar untuk keperluan pertahanan.

Ke depannya Lapan akan terus mengembangkan teknologi yang ada.
Hal itu diperlukan dan berharap suatu saat nanti Indonesia mampu memiliki Satelit Nasional.

Pada 28 September 2015 lalu, LAPAN berhasil meluncurkan satelit LAPAN-A2/ORARI. Satelit tersebut merupakan satelit mikro pertama yang dibuat di Indonesia. Satelit Lapan-A2/ORARI tersebut lepas landas dengan menumpang roket peluncur India Polar Satellite Launch Vehicle (PSLV) C30.

Sumber :
http://poskotanews.com/2015/11/24/sejak-diluncurkan-satelit-lapan-masih-berfungsi-baik/








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL