Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN Gelar Kompetisi Roket Air Se-Asia Pasifik di Bali
Penulis Berita : Humas/SA • Fotografer : Humas/SA • 29 Nov 2015 • Dibaca : 8703 x ,

(Atas) Ketua Penyelenggaraan APRSAF-22 Christianus Dewanto membuka secara resmi kegitan WRE APRSAF-22 dan suasana peserta (bawah)

Ratusan orang delegasi dari 14 negara kawasan Asia Pasifik turut serta dalam kegiatan kompetisi roket air dalam rangka forum badan antariksa regional Asia Pasifik ke-22 (APRSAF-22) di Bali. Pembukaan kegiatan roket air dilaksanakan pada Sabtu (28/11) dan dihadiri oleh Co-Chair dari Indonesia untuk Kelompok Kerja Edukasi Keantariksaan (SEWG) APRSAF-22 Agus Hidayat, Koordinator Kegiatan APRSAF-22 Christianus Dewanto serta Koordinator Water Rocket Event (WRE) APRSAF-22 Jasyanto. Selain itu, pembukaan dihadiri oleh perwakilan dari Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA) Nozomu Sakuraba dan jajarannya.

Dalam laporannya, Jasyanto menyebutkan kegiatan roket ini diikuti oleh 58 pelajar usia 12 hingga 16 tahun dari 14 negara yaitu Bangladesh, Kamboja, China, India, Indonesia, Jepang, Malaysia, Nepal, Pakistan, Filipina, Singapura, Sri Lanka, Thailand dan Vietnam. Selain itu, terdapat 25 guru pendamping dan puluhan pengamat dari masing-masing negara. “Kegiatan ini merupakan aktivitas sains interaktif dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman generasi muda atas iptek keantariksaan,” kata Jasyanto.

Selain itu, Jasyanto menambahkan, kegiatan ini menumbuhkan jiwa kompetitif antarpeserta, meningkatkan kreativitas dan mempererat solidaritas antarnegara. Setelah acara pembukaan, keesokan hari para peserta akan mengikuti workshop pembuatan roket air yang dipandu oleh tim dari Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PPIPTEK). Lalu mereka akan berkompetisi untuk menguji keberhasilan roket air yang mereka buat. Kompetisi peluncuran roket air akan dilaksanakan di Lapangan Niti Mandala Renon, Denpasar, Bali.

Roket akan diluncurkan dengan jarak 80 meter dari mesin peluncur. Roket yang mendekati target peluncuran akan dinyatakan sebagai pemenang kompetisi. Setiap peserta akan diberikan kesempatan satu kali peluncuran percobaan. Sedangkan, untuk keperluan kompetisi setiap peserta hanya diberikan dua kali peluncuran roket air.

Tidak hanya berkompetisi, setiap peserta diharapkan mendapatkan hal penting lainnya dalam kegiatan ini. Pertemanan dan solidaritas antarnegara tidak kalah penting. “Jika hanya memikirkan menang atau kalah dalam kompetisi, akan ada perasaan kecewa saat mengalami kekalahan. Pengalaman berteman lintas negara, belajar perbedaan bahasa dan budaya, itu sangat menyenangkan,” ujar Christianus sesaat sebelum meresmikan kegiatan tersebut.

Kegiatan roket air merupakan bagian dari SEWG APRSAF. SEWG ini didirikan pertama kali pada pertemuan APRSAF tahun 2001 untuk menyebarluaskan aktivitas edukasi keantariksaan. Sejak 2005, kegiatan roket air ini digelar reguler setiap tahun, sebelum pelaksanaan pertemuan APRSAF. 


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL