Kompetensi Utama

Layanan


PERAN GENERASI MUDA UNTUK KEMAJUAN TEKNOLOGI KEANTARIKSAAN
Penulis Berita : Humas/JAB • Fotografer : Humas/JAB • 28 Nov 2015 • Dibaca : 26931 x ,

Kepala LAPAN memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan workshop APSGW ke-2

 Kepala LAPAN, Prof. Dr. Thomas Djamaluddin mengajak para generasi muda negara-negara asia pasifik untuk berpartisifasi aktif dalam memberi gagasan dan ide-ide bagi perkembangan teknologi keantariksaan. Demikian disampaikan Kepala LAPAN dalam pembukaan Asia-Pacific Space Generation Workshop (APSGW) ke-2, di Universitas Udayana, Bali, 28-29 November 2015.

“Dari berbagai negara yang berbeda, berkumpul di sini, untuk berbagi pengetahuan dan teknologi keantariksaan, dan bagaimana teknologi tersebut dapat memberikan manfaat,” ujarnya. Peran dan kontribusi gagasan diperlukan untuk kemajuan teknologi keantariksaan. Kegiatan APSGW ini merupakan bentuk pendekatan berdasarkan perspektif generasi muda untuk mempromosikan kerja sama regional Asia Pasifik di sektor antariksa.

LAPAN bersama Space Generation Advisory Council (SGAC) menyelenggarakan APSGW yang diikuti oleh 58 delegasi profesional muda dan mahasiswa dari 12 negara, antara lain China, Filipina, Indonesia, Jepang, Kazakhstan, Korea, Malaysia, Pakistan, Sri Lanka, Thailand, serta delegasi dari Spanyol dan Brazil.

Workshop ini bertujuan untuk mengkaji dan mempertimbangkan isu-isu penting antariksa di kawasan Asia Pasifik. Kegiatan ini juga untuk mencetak pemimpin masa depan bidang antariksa di kawasan Asia Pasifik. Dalam kegiatan ini, peserta memiliki kesempatan untuk berinteraksi dengan para pemimpin dunia di bidang ini.

Teknologi keantariksaan begitu powerful dalam menangani isu-isu yang berkaitan dengan manajemen mitigasi bencana. Dalam workshop ini dibagi ke dalam lima kategori (working group/WG) pembahasan. Kategori pembahasan meliputi Kemitraan Strategis antara negara-negara berkembang untuk mengkonsolidasikan kerja sama regional Asia-Pasifik, Peran perusahaan komersial di bidang keantariksaan regional Asia-Pasifik: Space Business Incubators, Aplikasi teknologi keantariksaan: Manfaat bagi manusia, Teknologi keantariksaan untuk semua - memanfaatkan program satelit untuk pendidikan dan kesadaran keantariksaan, Space Security - regulasi ke depan sangat diperlukan.

APSGW merupakan kegiatan yang terkait dengan pelaksanaan Asia Pacific Regional Space Agency Forum (APRSAF) ke-22 di Bali. Untuk itu, Hasil pembahasan dalam workshop ini nantinya akan dipaparkan pada APRSAF dan diajukan sebagai rekomendasi dari SGAC kepada UNCOUPOUS (organisasi PBB terkait pemanfaatan antariksa).

Melalui workshop ini, generasi muda Indonesia diharapkan dapat memperkuat jaringan regional para profesional muda dan mahasiswa di kawasan Asia Pasifik. Selain itu, kegiatan ini juga sebagai bentuk edukasi bagi generasi muda untuk lebih sadar dan terlibat aktif dalam kemajuan bidang keantariksaan.



Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL