Kompetensi Utama

Layanan


Thailand Juara Kompetisi Roket Air APRSAF ke-22
Penulis Berita : Humas/Meg • Fotografer : Humas/SGD • 30 Nov 2015 • Dibaca : 9812 x ,

Peserta meluncurkan roket air.

Pathipan Sumran dari Thailand menjuarai kompetisi roket air Asia Pacific Regional Space Agency Forum (APRSAF) ke-22. Kompetisi ini berlangsung di Lapangan Niti Mandala, Denpasar, Bali Minggu (29/11). Roket air yang dibuatnya berhasil diluncurkan dengan baik dan mencapai 2,44 meter mendekati target.

Juara kedua diraih oleh Yuneth Chandir Wijenayake dari Sri Lanka. Ia berhasil mendaratkan roketnya pada 3,13 meter dari target. Juara ketiga diraih oleh Shaiq Rehman Khan dari Pakistan. Roketnya berhasil mencapai 4,22 meter mendekati target. Sementara itu, juara keempat diperoleh Apiwat Detchakan dari Thailand dengan capaian 4,71 meter dari target.

Kompetisi roket air ini diikuti 58 pelajar berusia 12 hingga 16 tahun di negara di Asia Pasifik. Negara yang mengikuti yaitu Bangladesh, China, Filipina, India, Indonesia, Jepang, Kamboja, Malaysia, Nepal, Pakistan, Sri Lanka, Thailand, dan Vietnam.

Dalam kompetisi ini, masing-masing peserta membuat tiga buah roket air dari botol minuman berkarbonasi. Satu roket digunakan untuk uji coba. Kemudian, para peserta diberi kesempatan dua kali untuk meluncurkan roketnya. Roket yang berhasil masuk ke dalam area yang ditentukan akan dinilai berdasarkan jarak titik jatuh dengan target. Semakin dekat jaraknya, maka semakin baik nilainya. Jika, roket jatuh di luar area yang ditentukan, maka tidak akan dinilai.

Saat membuka kompetisi, Kepala LAPAN, Prof. Dr. Thomas Djamaluddin, mengatakan bahwa kegiatan ini dapat mendorong siswa belajar ilmu pengetahuan dan teknologi antariksa. Melalui roket air, anak-anak belajar aplikasi sederhana teori peroketan misalnya prinsip kerja roket.

Menurut Thomas, kompetisi roket air bukan sekedar permainan melainkan juga penerapan dari prinsip-prinsip sains seperti fisika. Dengan demikian, kegiatan ini diharapkan membuat anak-anak mencintai sains dan teknologi untuk kemajuan bangsa. Selain itu, kegiatan seperti ini juga diharapkan dapat mencetak pemimpin di masa depan.

Senada dengan Kepala LAPAN, perwakilan dari Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Provinsi Bali, Wayan Susilo, mengatakan, kegiatan ini dapat memberi inspirasi, edukasi, dan motivasi kepada para siswa untuk menguasai teknologi.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL