Kompetensi Utama

Layanan


APRSAF-22: Pemanfaatan Keantariksaan untuk Pengembangan Kesadaran Publik
Penulis Berita : Humas/Addie • Fotografer : Humas/Addie • 01 Dec 2015 • Dibaca : 24104 x ,

Peserta SUWG membahas mengenai pemanfaatan keantariksaan.

Space Environment Utilization Working Group (SEU-WG) resmi dimulai, Selasa (01/12). Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Pusat Sains dan Antariksa sekaligus Co-Chairs Clara Yono Yatini. Working group tersebut dihadiri oleh delapan negara peserta.

Dalam acara yang berlangsung di Kuta, Bali, peneliti Lapan, Fitri Nuraeni mempresentasikan tentang aktivitas yang terkait dengan Keantariksaan di Indonesia, antara lain penyelenggaraan Galaxy Forum bekerja sama dengan Fakultas MIPA-ITB.

Menurut Fitri, forum ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran publik akan pentingnya penelitian lapangan terkait antariksa. Forum ini sekaligus memperkenalkan program pengembangan observatorium Bulan. Poin penting lainnya dari forum ini adalah membangun jaringan kerja sama antara peneliti dengan pendidik.

Selain Galaxy Forum, dalam presentasinya, Fitri juga menjelaskan beberapa kegiatan lain yang diselenggarakan oleh Lapan seperti International School of Equatorial and Low Latitude Ionosphere (ISELION) kerja sama dengan STE-Lab Nagoya University, SCOSTEP, Kyoto University dan NICT. Kegiatan berikutnya yaitu The 1st Space Exploration and KIBO Utilization Workshop in Asia.

Pada akhir presentasinya Fitri mengungkapkan bahwa Lapan terus berusaha membangun kesadaran publik terhadap keantariksaan melalui berbagai kegiatan yang bersentuhan dan melibatkan publik secara langsung.

Selain Lapan, pemapar lainnya dari Indonesia adalah ITB yang bercerita tentang persiapan Space Banana Experiment, serta Universitas Surya yang mempresentasikan tentang rencana pengembangan dan pemanfatan satelit nano untuk pendidikan di Indonesia.

SUWG ini sendiri berlangsung selama dua hari dan merupakan bagian dari rangkaian APRSAF ke-22 dan paralel dengan tiga working group lainnya.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL