Kompetensi Utama

Layanan


Thailand Juara Lomba Poster APRSAF 2015
Penulis Berita : Humas/Meg • Fotografer : Humas/Mef • 02 Dec 2015 • Dibaca : 9744 x ,

Kepala Biro Kerjasama dan Humas LAPAN (kanan) selaku Co-Chair SEWG menyerahkan hadiah kepada perwakilan dari Thailand.

Setelah berhasil menjuarai kompetisi roket air, kali ini Thailand berhasil memperoleh juara pertama dalam lomba poster Asia Pasifik. Koetkan Koonlapkunanon, 10 tahun, berhasil memenangkan penghargaan Best Poster Award. Pemenang diumumkan dalam pertemuan Space Education Working Group (SEWG) di Kuta, Bali, (2/12).

Juara kedua diperoleh Clio Zen Ni Lau, 10 tahun, dari Malaysia. Juara ketiga diraih oleh Shanjia Qiu, 11 tahun, dari China. LAPAN Award diberikan kepada Jirapat Mobkhuntod, 11 tahun, dari Thailand. Sementara itu, JAXA Award diberikan kepada Dinentya Jayindi Lekam Arachchige, 9 tahun, dari Sri Lanka.

Lomba poster ini merupakan bagian dari kegiatan tahunan Asia Pacific Regional Space Agency Forum (APRSAF) ke-22 untuk edukasi keantariksaan. Sebanyak 32 poster dari 11 negara mengikuti lomba ini. Negara yang mengikuti yaitu Kamboja, China, Indonesia, Jepang, Malaysia, Pakistan, Filipina, Nepal, Sri Lanka, Thailand, dan Vietnam. Poster yang dikirimkan merupakan pemenang di masing-masing negara. Dalam lomba ini, pemenang tingkat Asia Pasifik ditentukan berdasarkan pemungutan suara para peserta APRSAF ke-22.

Tahun ini, tema poster yaitu “Career in Space.” Peserta lomba merupakan siswa berusia 8 hingga 11 tahun di kawasan Asia Pasifik. Setiap negara berhak mengirimkan tiga poster dalam kompetisi ini.

Selain mengesahkan pemenang lomba poster, pertemuan SEWG hari kedua ini juga menyepakati beberapa rekomendasi hasil diskusi. Rekomendasi tersebut antara lain untuk mempromosikan kegiatan edukasi lebih lanjut. Caranya yaitu dengan menggunakan antariksa sebagai metodenya, yang akan memberikan manfaat bagi pengembangan sumber daya manusia untuk generasi di masa depan.

Rekomendasi berikutnya yaitu melanjutkan penyelenggaraan Water Rocket Event atau kompetisi roket air dan Poster Contest atau lomba poster. Kompetisi tersebut sebagai upaya untuk membangkitkan ketertarikan generasi muda dan memelihara kreativitas dan pemikiran inovatif mereka.

Rekomendasi selanjutnya yaitu melanjutkan kolaborasi dalam kegiatan edukasi keantariksaan swaprakarsa di negara-negara Asia Pasifik begitu juga di negara-negara yang menjadi tuan rumah APRSAF.

Dalam pembahasan hari kedua ini, para peserta juga sepakat mengenai pentingnya pemanfaatakn teknologi informasi dalam mendukung edukasi keantariskaan. Selain itu, working group ini juga menyepakati bahwa tahun depan, kompetisi roket air akan tetap dilaksanakan dengan sistem penilaian yang sama. Working group ini juga telah menyepakati tema untuk lomba poster tahun depan yaitu “My Dream Planet.”

SEWG merupakan salah satu kelompok kerja dalam pertemuan APRSAF. Working group ini mempromosikan pemanfaatan materi terkait antariksa untuk meningkatkan pendidikan bagi generasi muda. Tahun ini, SEWG diikuti oleh 53 peserta dari 13 negara di Asia Pasifik dan dua organisasi internasional.


Gambar. Beberapa poster yang dikirim dari berbagai negara.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL