Kompetensi Utama

Layanan


Kepala LAPAN dan Presiden JAXA Tandatangani Naskah Kerja Sama
Penulis Berita : Humas/SA • Fotografer : Humas/SA • 04 Dec 2015 • Dibaca : 36774 x ,

Prof. Dr. Thomas Djamaluddin berjabat tangan dengan Dr. Naoki Okumura sesaat setelah penandatangan naskah kerja sama. (Insert: seremonial tanda tangan naskah kerja sama)

Indonesia dan Jepang memiliki kesamaan pada beberapa karakteristik geografis. Indonesia merupakan negara kepulauan dengan komposisi dua pertiga perairan, begitupun dengan Jepang yang teritorinya dikelilingi perairan. Kesamaan lain yaitu pada kemungkinan potensi bencana alam yang bisa terjadi pada kedua negara, misal Tsunami, erupsi gunung api maupun gempa tektonik.

Berdasarkan kesamaan tersebut, LAPAN dan Badan Eksplorasi Antariksa Jepang (JAXA) sepakat membuka peluang kerja sama baru pada berbagai bidang terkait litbang dan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi keantariksaan untuk tujuan damai.

Penandatanganan naskah kerja sama LAPAN dengan JAXA dilakukan oleh Kepala LAPAN Prof. Dr. Thomas Djamaluddin dan Presiden JAXA Dr. Naoki Okumura di Bali, Kamis (3/2). Kerja sama akan dilaksanakan pada berbagai bidang diantaranya ilmu kebumian dan aplikasi satelit untuk keperluan penginderaan jauh, komunikasi, dan navigasi. Kedua pihak juga sepakat berkolaborasi pada bidang sains antariksa dan atmosfer termasuk riset gravitasi mikro.

Pada bidang teknologi keantariksaan, kerja sama melingkupi muatan, peralatan, sistem, serta fasilitas keantariksaan serupa stasiun bumi. Selain itu, kedua instansi juga menjajaki kerja sama pada bidang eksplorasi ruang angkasa dan promosi berkesinambungan tentang penggunaan teknologi keantariksaan untuk keperluan damai pada tingkat regional maupun global.

Thomas berharap, kerja sama ini dapat mendukung masterplan atau rencana induk keantariksaan LAPAN dalam 25 tahun mendatang. “Terdapat lima hal utama dalam rencana induk tersebut yaitu sains antariksa, teknologi antariksa termasuk satelit, roket dan aeronautika, penginderaan jauh, bandar antariksa, serta komersialisasi keantariksaan,” Thomas menjelaskan.

Sejalan dengan Thomas, Naoki Okumura ingin agar ada kolaborasi dan peningkatan kerja sama termasuk pada bidang kemaritiman dan manajemen pencegahan bencana menggunakan data satelit ALOS-II. Selain itu, Naoki juga mengingatkan agar LAPAN segera mengajukan usulan topik terkait penggunaan bersama Modul KIBO di stasiun ruang angkasa internasional (ISS).


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL