Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN dan RISH Universitas Kyoto Jepang Bahas Kerjasama di Bidang Sains Atmosfer dan Antariksa
Penulis Berita : Humas/RZ • Fotografer : Humas/RZ • 15 Dec 2015 • Dibaca : 6961 x ,

Direktur RISH-Kyoto University, Prof Toshitaka Tsuda (kiri) dan Sekretaris Utama LAPAN, IL Arisdiyo (Kanan)

LAPAN dan Research Institute for Sustainable Humanosphere (RISH) Universitas Kyoto, Jepang, menyelenggarakan penandatanganan naskah kesepakatan teknis terkait riset dan operasi ilmiah bersama dibidang dinamika ekuatorial atmosfer. Penandatangan dilakukan oleh Sekretaris Utama LAPAN IL Arisdiyo dan Direktur RISH Prof. Toshitaka Tsuda, di kantor pusat LAPAN, Rawamangun, Jakarta Timur (15/12).

Penandatangan disaksikan oleh Kepala LAPAN Prof. Thomas Djamaluddin, Deputi Bidang Sains Afif Budiyono, Kepala PSTA Halimurahman, dan Kepala Biro Kerjasama, Humas dan Umum Christianus R. Dewanto. Pertemuan ini membahas serta merumuskan kembali kelanjutan kerjasama antara LAPAN dan RISH.

Sebelumnya, LAPAN dan RISH telah bekerjasama dalam membangun dan mengoperasikan radar Very High Frequency (VHF) yang dikenal dengan Radar Atmosfer Khatulistiwa (Equatorial Atmosphere Radar/ EAR). Radar ini dibangun pada 2001 di Kota Tabang - Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Keberadaan Fasilitas ini yang menjadi hal terpenting dalam pembahasan perpanjangan kesepakatan ini, hal ini disebabkan karena di lokasi yang sama rencananya akan dibangun Midle and Upper Radar (MU Radar).

Dengan penandatangan ini, Thomas berharap bisa membuka kesempatan dalam peningkatan kapasitas sumber daya manusia dan meningkatkan fasilitas serta pemanfaatannya. Saat ini EAR tersebut juga dimanfaatkan oleh beberapa lembaga seperti BMKG dan BPPT.

Pentingnya pemanfaatan EAR salah satunya untuk parameter dalam prediksi datangnya gejala alam el-Nino di Indonesia, penanggulangan dampak kebakaran hutan dimana dominan gerakan dan kecepatan penyebaran asap diamati melalui data EAR dan sebagai penentu awal musim tanam yang erat kaitannya dengan peristiwa Monsoon yang memang dominan di kawasan Indonesia.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL