Kompetensi Utama

Layanan


Pameran Alpalhan Yakinkan Presiden Jokowi Teknologi Keantariksaan Mendukung Program Kemaritiman
Penulis Berita : Humas/SA • Fotografer : Humas/SA • 16 Dec 2015 • Dibaca : 35385 x ,

Presiden Joko Widodo menerima cinderamata pesawat terbang tanpa awak buatan LAPAN jenis LSU-03 yang diserahkan oleh Kepala Bagian Humas LAPAN Jasyanto.

LAPAN turut serta dalam pameran Alpalhan produksi industri dalam negeri pada rapat pimpinan (rapim) Tentara Nasional Indonesia (TNI) 2016 yang berlangsung di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (16/12). Presiden Joko Widodo hadir dan mengunjungi pameran tersebut, termasuk mengunjungi pameran hasil litbang penerbangan dan antariksa LAPAN. Kepala Bagian Humas LAPAN Jasyanto menerangkan pentingnya teknologi keantariksaan untuk mendukung program kemaritiman yang diusung oleh pemerintahan Joko Widodo.

Pada bidang teknologi roket, Jasyanto menjelaskan pentingnya penelitian roket sonda untuk mendorong pengembangan roket peluncur satelit (RPS). Hal ini diperlukan untuk mendukung kemandirian nasional di bidang teknologi keantariksaan. Di masa mendatang, LAPAN memiliki cita-cita untuk meluncurkan satelit buatan sendiri menggunakan RPS dan bandar antariksa milik sendiri.

Pada bidang teknologi penerbangan, Jasyanto menjelaskan, LAPAN telah berhasil memecahkan rekor MURI untuk kategori pesawat terbang tanpa awak (UAV) jarak terbang terjauh tahun 2015. Rekor tersebut diperoleh pesawat terbang tanpa awak buatan LAPAN jenis LSU-03 yang berhasil menempuh jarak sejauh 340 kilometer dari Lapangan Udara Pameungpeuk, Pangandaran, Nusakambangan, Cilacap dengan ketinggian 600 meter selama 3.5 jam. LSU-03 dirancang untuk misi pemantauan perbatasan, kemaritiman dan pertanian.

Diakhir kunjungannya, Presiden Joko Widodo menerima miniatur LSU-03 sebagai cinderamata dari LAPAN. Jasyanto berharap, cinderamata tersebut menjadi pengingat Presiden untuk terus meningkatkan dukungan bagi penelitian dan pengembangan teknologi penerbangan dan antariksa.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL