Kompetensi Utama

Layanan


Dukung Nawacita, LAPAN Sediakan Data Citra Resolusi Tinggi
Penulis Berita : Humas/ZK • Fotografer : Humas/Sur • 18 Dec 2015 • Dibaca : 32641 x ,

Penyerahan citra satelit kepada pemerintah daerah dan kementerian/lembaga.

LAPAN menyelenggarakan Sosialisasi Penyediaan dan Pemanfaatan Data Penginderaan Jauh Resolusi Tinggi di Bekasi, Jawa Barat, (17/12). Data tersebut untuk memenuhi penyediaan data dan informasi dasar skala besar untuk berbagai keperluan seperti Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) guna kepentingan daerah.

Muchamad Muchlis, selaku Ketua Panitia, mengatakan bahwa sosialisasi ini merupakan rangkaian kerja sama swakelola LAPAN dan Badan Informasi Geospasial (BIG) dalam pengadaan data citra satelit optis resolusi sangat tinggi sebagai data dasar untuk pembuatan peta dasar RDTR.

Citra tersebut guna memenuhi penyedian data dan informasi dasar skala besar untuk berbagai keperluan seperti penataan ruang pada skala yang lebih rinci, pemetaan desa, manajemen kebencanaan, serta pengelolaan kawasan pantai dan pesisir. Selain itu, pengadaan citra resolusi tinggin ini juga dalam upaya memenuhi program Nawacita yang dicanangkan oleh presiden.

Ia melanjutkan, dalam kerja sama tersebut, LAPAN dapat menyediakan data citra satelit resolusi tinggi di bawah 0,5 meter dengan beberapa persyaratan teknis antara lain incident angle di bawah 20 derajat serta tutupan awan di bawah 20 persen. Data resolusi tinggi tersebut diperoleh dari berbagai satelit.

Saat ini citra satelit resolusi tinggi yang dimiliki LAPAN mencapai luas 929.465,0222 kilometer persegi atau mencakup 50 persen total luas daratan indonesia yang mencapai 1.922.570 kilometer persegi. LAPAN bertekad menyediakan data resolusi tinggi mulai dari provinsi Aceh hingga Papua.

Deputi Bidang Penginderaan Jauh LAPAN, Dr. Orbita Roswintiarti, mengatakan bahwa saat ini Indonesia sangat membutuhkan informasi data geospasial resolusi sangat tinggi di bawah satu meter. Data ini untuk membangun Indonesia mulai dari pinggiran.

Orbita mengatakan bahwa, sosialisasi ini selaras dengan Undang-undang Nomor 21 Tahun 2013 tentang Keantariksaan dan Inpres Nomor 6 Tahun 2012 tentang Penyediaan, Penggunaan, Pengendalian Kualitas, Pengolahan, dan Distribusi Data Satelit Penginderaan Jauh Resolusi Tinggi.

Ia melanjutkan, LAPAN menyediakan data resolusi tinggi dengan lisensi pemerintah. Dengan demikian, seluruh instansi pemerintah dapat memanfaatkan data tersebut secara gratis. Pengadaan data resolusi tinggi tersebut sudah dilakukan sejak 2012.

Dalam menyediakan data resolusi tinggi ini, LAPAN bekerja sama dengan BIG. BIG bertugas untuk mengolah dan menyediakan peta dasar sehingga citra akan memiliki akurasi yang tinggi.

Dalam acara ini, Deputi Bidang Penginderaan Jauh menyerahkan citra satelit resolusi tinggi kepada pemerintah Kabupaten Kotabaru, Kabupaten Halmahera Utara, dan Kabupaten Timur Tenggah Selatan. Citra satelit juga diserahkan kepada Kementerian Agraria dan Tata Ruang/BPN, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, serta Kementerian Pendustrian.

Sosialisasi Dihadiri 35 perwakilan Bappeda Pemerintah Kabupaten dan Kota seluruh Indonesia serta perwakilan dari kementerian / Lembaga terkait antara lain Kementerian TR/BPN, Kementerian LHK, Kementerian Pertanian, Kementerian PUPERA, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Pendustrian, Kementerian Dalam Negeri, TNI, BPPT, BNPP, BNPB, dan BIG.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL