Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN dan BMKG Serah Terima Aset
Penulis Berita : Humas/CD • Fotografer : Humas/CD • 28 Dec 2015 • Dibaca : 113346 x ,

Kepala LAPAN (kiri) dan Kepala BMKG menandatangani berita acara serah terima aset.

LAPAN dan Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) menandatangani Berita Acara Serah Terima Aset di Balai Pengamatan Antariksa dan Atmosfer Agam, Sumatera Barat, Senin (28/12).

Kepala BMKG, Dr. Andi Eka Sakya, mengatakan bahwa serah terima aset ini merupakan langkah penting terkait penanganan aset kedua lembaga. LAPAN dan BMKG berkewajiban untuk membenahi administrasi dan ketepatan pencatatan aset.

Selain itu, serah terima ini juga merupakan bagian dari kerja sama antara kedua instansi. Selama ini keduanya telah bekerja sama dalam berbagai bidang misalnya dalam pengembangan observatorium nasional di Nusa Tenggara Timur (NTT) serta pengamatan atmosfer dan kualitas udara.

Sementara itu, Kepala LAPAN, Prof. Dr. Thomas Djamaluddin menyampaikan bahwa aset menjadi salah satu poin penilaian Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terhadap laporan keuangan kementerian atau lembaga. Ia berharap, kualitas pencatatan Barang Milik Negara (BMN) kedua lembaga dapat meningkat.

Berita acara yang ditandatangani yaitu serah terima tanah seluas 14.590 meter persegi di Desa Jorong Muaro, Kenagarian Koto Rantang, Kecamatan Palupuh, Kabupaten Agam, Sumatera Barat dari LAPAN kepada BMKG. Dalam kegiatan ini, juga dilakukan serah terima jalan desa sepanjang 2,7 kilometer beserta fasilitasnya yang terdiri dari jembatan, bangunan penguat tebing, bangunan pos jaga permanen, rambu cermin, dan rambu jembatan dari BMKG kepada LAPAN.

Dalam sambutannya, Thomas mengatakan bahwa kedua lembaga akan meningkatkan kerja sama dan sinergi di bidang atmosfer. Kerja sama tersebut yaitu pembangunan observatorium nasional di NTT, kegiatan Year of Maritime Continent pada 2017 hingga 2019 yang dilakukan oleh negara-negara di sekitar khatulistiwa, penempatan sensor BMKG pada satelit LAPAN untuk pengamatan atmosfer khususnya dinamika atmosfer ekuator, serta rencana pembangunan MU-radar untuk kepentingan bangsa. Selain itu kedua lembaga dapat memanfaatkan kerja sama dengan mitra-mitra luar negeri dalam bersinergi demi kepentingan Indonesia.

Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan dari LAPAN yaitu Kepala LAPAN, Sekretaris Utama, Deputi Sains Antariksa dan Atmosfer, Kepala Biro Kerjasama, Humas, dan Umum, dan Kepala Subbag Pengelolaan BMN. Sementara itu, perwakilan dari BMKG yaitu Kepala BMKG, Sekretaris Utama, Kepala Biro Umum, Kepala Balai Besar MKH Wilayah I, Kepala Stasiun Geofisika Padang Panjang, dan Kepala Subbag Pengelolaan BMN.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL