Kompetensi Utama

Layanan


Ini Deretan Prestasi LAPAN Sepanjang 2015
Penulis : Eva • Media : Beritasatu.com • 29 Dec 2015 • Dibaca : 40923 x ,

Jakarta – Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) mencatatkan kinerja yang cukup mengagumkan sepanjang 2015, mulai dari peluncuran satelit hingga pengembangan pesawat tanpa awak. Hal ini diungkapkan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Muhammad Nasir pada acara Refleksi Satu Tahun Kemenristekdikti di Gedung D Kemenristekdikti, Jakarta, kemarin.

Dalam uraiannya, Menristekdikti mengapresiasi LAPAN yang telah sukses meluncurkan satelit LAPAN-A2 pada September 2015. Satelit ini berfungsi untuk surveillance, monitoring lalu lintas kapal, dan komunikasi amatir. Pelepasan satelit ini dilakukan oleh Presiden RI.

Hasil kinerja LAPAN berikutnya yaitu, penampilan perdana pesawat N-219 di depan publik pada 10 Desember 2015. Pesawat ini merupakan kerja sama antara LAPAN dengan PT Dirgantara Indonesia.

Selain itu, LAPAN juga mengembangkan pesawat tanpa awak LAPAN Surveillance UAV (LSU) untuk misi airborne remote sensing. Pesawat ini telah dimanfaatkan oleh berbagai kementerian.

Dalam paparannya, Menristekdikti juga menjelaskan mengenai hasil litbang LAPAN yang berkaitan dengan penelitian dan pemantauan cuaca antariksa. Kegiatan ini dihadiri oleh Deputi Bidang Penginderaan Jauh LAPAN Orbita Roswintiarti.

LAPAN sendiri merupakan lembaga pemerintah nonkementerian yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden melalui menteri yang membidangi urusan pemerintahan di bidang riset dan teknologi. LAPAN berkewajiban melaksanakan tugas pemerintahan di bidang penelitian dan pengembangan kedirgantaraan dan pemanfaatannya serta penyelenggaraan keantariksaan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Sumber :
http://www.beritasatu.com/iptek/336511-ini-deretan-prestasi-lapan-sepanjang-2015.html








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL