Kompetensi Utama

Layanan


Pantauan Lapan Terhalang Hujan
Penulis : Retno Palupi • Media : Koran-sindo.com • 20 Jan 2016 • Dibaca : 9112 x ,

PALEMBANG-Lembaga Pe - nerbangan Antariksa Na sio - nal (Lapan) kemarin mulai melakukan peninjauan awal, terkait femomena gerhana matahari. Kota Palembang diprediksi kuat turut dilintasi fenomena tersebut, sekitar dua bulan mendatang.

Tim Lapan yang rencananya melakukan penin jauan di Jembatan Ampera yang seharusnya mengamati mulai pukul 06.00-08.00 WIB, namun terpaksa melakukan pantauan beberapa menit lantaran hujan deras. Pantauan KORAN SINDO PALEMBANG, sebanyak tiga orang tim dari Lapan ditugas - kan memantau pergerakan matahari mulai dari terbit sampai berada di atas langit.

Farahati Mumtahana, As - tronom Pusat saint Antariksa Lapan mengatakan, tujuan peninjauan lokasi ini untuk melihat situasi dan kondisi terjadinya gerhana dan pe nen - tuan kordinat terbaik. “Gerhana bisa terlihat dari jarak 100 km dan peninjauan hari ini (kemarin). Saya me lihat dengan teleskop Fixnfc200 dari jepang menggunakan tracking yang bisa melihat pe rgerakan matahari otomatis dari awal terbitsampaikeatas,” ujarnyadi sela-sela pemantauan.

Lebih lanjut dia me nga ta - kan, perencanaan matang ini digunakan untuk meng hin - dari dampak-dampak terbu - ruk saat fenomena terjadi. Di mana dengan penentuan tempat terbaik untuk melihat agar tidak tertutup gedung. Objek itu di antaranya se - perti di Jembatan Ampera, Pu - lau Kemaro, Bukit Siguntang, dan di hotel-hotel juga yang menyediakan balkon outdoor.

“Contoh ketika saat pe ne n - tuan kordinat di Jembatan Am - pera tadi, terlihat gedung Bina Dharma yang menutupi perge - ra kan matahari, dengan menge - ta hui masalah tersebut peninjauan ini nantinya akan bisa me - mecahkan solusi,” ujarnya. Peneliti lainnya Syaiful Am - di mengatakan, selain me man - tau pergerakan dan titik kor di - nat mereka juga melihat aspekaspek dari sosial dan budaya serta kepercayaan masyarakat.

“Saat acara nanti akan ada upacara adat tentang ke per ca - yaan kepada matahari dengan perunjukkan naga yang me ne - lan matahari. Cerita rakyat yang dilihat dengan segi pe - ngetahuan,” katanya. Diamenambahkan, dalampe - laksanaan nanti dimulai fase penduhuluan persiapan dari pukul06.20WIBdenganger ha na pun dimulai sekitar pukul 07.20 WIB sekitar 1 menit 50 de tik.

“Lalu Keesokan hari di lan jut kan peninjauan terakhir yang di ren - canakan di area Da nau Sky Air Ja - kabaring Sport City,” ujarnya. Disamping itu, untuk di Sumsel bukan hanya Kota Pa - lembang saja dilintasi gerhana matahari, di Kabupaten Ogan Ilir, Muba, OKI, Kota Lubuk - linggau, Sungsang, Kota Pra bu - mulih dan Sekayu juga akan mendapatkan fenomena ger - ha na matahari tersebut.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pariwisata Sumsel Irene Camelyn Sinaga mengatakan, peristiwa ini bisa menjadi ke - sempatan bagus untuk be r usa - ha menarik sebanyak mungkin wisatawan berkunjung “Sejauh ini sudah ada be be - rapa bokingan khusus untuk hadir ke sini dan juga travel agen yang menyiapkan paket kunjungan saat gerhana ma tahari, saya berharap ribuan wi sa - tawan bisa datang,” katanya.

sumber :
http://www.koran-sindo.com/news.php?r=6&n=102&date=2016-01-20








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL