Kompetensi Utama

Layanan


Inilah 9 Lokasi Pengamatan Gerhana Matahari Total
Penulis : Editor Haryo Prabancono • Media : solopos.com • 26 Jan 2016 • Dibaca : 14947 x ,

Fenomena alam gerhana matahari total akan diamati secara langsung di sembilan lokasi ini.

Solopos.com, SOLO — Gerahana matahari total yang akan terjadi 9 Maret 2016 memang salah satu fenomena alam yang menarik perhatian berbagai pihak, baik nasional dan internasional.

Beberapa lembaga nasional, mulai dari lembaga pemerintah hingga komunitas astronom amatir telah merencanakan perjalanan khusus memburu gambar menarik dari fenomena alam gerhana matahari total.

Berikut ini adalah lokasi pengamatan fenomena alam gerhana matahari total sebagaimana dikutip dari Gerhanaindonesia.id, Selasa (26/1/2016).

-Jogja Astronomy Club (JAC) di Palembang
-Imah Noong di Pangkal Pinang
-Lapan di Pontianak
-Lapan dan Surabaya Astronomy Club (SAC) di Watukosek/Pasuruan
-Himpunan Astronomi Amatir Jakarta (HAAJ) di Palu
-Universe Awareness (UNAWE) Indonesia di Poso
-Astronomi ITB di Luwuk
-Lapan dan BMKG di Ternate
-Lapan dan Langit Selatan di Maba

Beberapa tim yang telah tersebar di lokasi pengamatan fenomena alam gerhana matahari total tersebut akan melakukan streaming video hasil pengamatan gerhana dengan dukungan dari Kementerian Komunikasi dan Informasi. Dengan demikian, keindahan gerhana tanpa harus melakukan ekspedisi ke pelosok negeri.

Pengamatan juga dilakukan di luar jalur umbra gerhana yang bisa membuat gerhana total dapat diamati. Tim Lapan di Pontianak dan Pasuruan secara khusus melakukan pemantauan gerhana sebagian.

Selain itu pemantauan dilakukan untuk menghindari dampak terburuk dalam melihat fenomena alam gerhana matahari total seperti kemungkinan terhalang gedung. Memang, untuk melihat gerhana matahari total terbaik ada di tempat yang luas dan tinggi seperti Jembatan Ampera, hotel dan lokasi tinggi lainnya.

Sementara Syaiful mengatakan, selain untuk melihat titik kordinat gerhana matahari, peninjauan itu juga aspek budaya masyarakat. Hal itu dilakukan dalam menyambut fenomen alam dengan adanya penampilan berbagai budaya masyarakat.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel, Irene Camelyn Sinaga, mengatakan, gerhana matahari total akan dimanfaatkan sebaik-baiknya dalam memancing minat wisatawan berkunjung ke Kota Palembang. Oleh karena itu, pihaknya terus mensosialisasikan fenomena alam tersebut untuk disaksikan bersama.

Sumber :
http://www.solopos.com/2016/01/26/fenomena-alam-inilah-9-lokasi-pengamatan-gerhana-matahari-total-684826








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL