Kompetensi Utama

Layanan


Kota di RI ini akan Saksikan Gerhana Matahari Total Terlama : Gerhana matahari di kota akan berlangsung selama 3 menit 17 detik.
Penulis : Tasya Paramitha, Riska Herliafifah • Media : Viva.co.id • 27 Jan 2016 • Dibaca : 13691 x ,

VIVA.co.id - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) telah merilis 12 provinsi di Indonesia yang akan mengalami gerhana matahari total (GMT) pada 9 Maret 2016 mendatang.
12 provinsi tersebut membentang dari Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, sampai Maluku. Yakni, Bengkulu, Bangka Belitung, Sumatera Barat, Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulaweai Tengah, Maluku Utara.

Kota yang akan menjadi lokasi terlama yang mengalami gerhana matahari total adalah Maba di Halmahera Timur, yakni selama 3 menit 17 detik.

Lalu, seperti apa kota yang berada di provinsi Maluku Utara ini?

Berdasarkan data yang dihimpun oleh VIVA.co.id dari berbagai sumber, Maba merupakan sebuah kecamatan sekaligus Ibukota Kabupaten Halmahera Timur, Maluku Utara

Bila ingin ke sana, Anda bisa menempuh perjalanan udara dari Ternate menuju Buli selama 28 menit. Jika memilih jalan darat, waktu tempuh sekitar dua sampai tiga jam

Di Maba, Anda bisa mengunjungi Pulau Plun. Pulau ini berada di antara Pulau Mia dan Pulau Lewi yang memiliki spot-spot terbaik untuk menyelam.

Perjalanan dari Maba ke Pulau Plun dapat ditempuh dengan speedboat kurang lebih selama 30 menit.

Setibanya di Pulau Plun, wisatawan akan disambut dengan hamparan pasir putih dan hutan yang dihuni oleh kelelawar dan burung maleo. Curah hujan rendah dan cuaca yang cerah, membuat Pulau Plun sangat tepat dijadikan destinasi liburan.

Akomodasi di Pulau Plun pun sudah siap menyambut wisatawan yang datang berkunjung. Hingga saat ini sudah tersedia lima bungalow dengan 10 kamar.

Sedangkan untuk kota Maba, belum banyak penginapan yang sekelas dengan hotel. Bahkan listrik di daerah ini dimatikan mulai pukul 06.00 WIT hingga pukul 18.00 WIT. Ditambah dengan sinyal jaringan komunikasi yang belum memadahi.

Secara geografis, kota ini terletak di hadapan garis pantai yang berhadapan dengan lautan Pasifik. Selain itu, Maba juga dilewati garis tengah jalur totalitas gerhana sehingga ditetapkan sebagai tempat paling ideal dan strategis untuk melakukan penelitian.

Sumber :
http://life.viva.co.id/news/read/728368-kota-di-ri-ini-akan-saksikan-gerhana-matahari-total-terlama








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL