Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN Serahkan Data Satelit Resolusi Tinggi untuk Kebutuhan Nasional
Penulis Berita : Humas/EN • Fotografer : Humas/EN • 27 Jan 2016 • Dibaca : 31897 x ,

Deputi Bidang Penginderaan Jauh LAPAN meluncurkan Katalog Data Penginderaan Jauh LAPAN.

LAPAN menyerahkan data satelit penginderaan jauh resolusi tinggi kepada 14 Kementerian dan Lembaga serta 51 Pemerintah Daerah. Penyerahan ini merupakan upaya untuk memenuhi kebutuhan nasional terhadap data citra satelit.

Kegiatan ini berlangsung di Ruang Serbaguna Kedeputian Penginderaan Jauh LAPAN, Pekayon, Pasar Rebo, Jakarta Timur, Rabu (27/1). Acara ini dihadiri perwakilan dari kementerian dan lembaga, pemerintah daerah, TNI, dan Polri.

Deputi Bidang Penginderaan Jauh LAPAN, Dr. Orbita Roswintiarti, dalam sambutannya, mengatakan bahwa pemanfaatan data citra satelit resolusi tinggi sangat dibutuhkan oleh Indonesia. Data tersebut antara lain untuk menyediakan informasi kawasan hutan, perencanaan lahan pertanian, tutupan kawasan hutan dan kebutuhan nasional lainnya.

Data tersebut juga digunakan untuk mengidentifkasi data obyek pajak, perkebunan, pertanian, serta untuk pemantauan daerah pertambangan dan perikanan. Orbita berharap, perwakilan berbagai instansi dan pemerintah daerah dapat menyampaikan kebutuhan informasi terkait data satelit yang dapat didukung oleh LAPAN.

Ia mengatakan, saat ini kebutuhan data citra semakin meningkat. Setiap instansi memerlukan data spasial yang perlu dukungan satelit penginderaan jauh. Selain dengan satelit, Orbita menjelaskan, data penginderaan jauh juga dapat diperoleh melalui wahana UAV atau pesawat tanpa awak. Pesawat tanpa awak tersebut dapat memenuhi data untuk wilayah-wilayah yang tertutup awan sehingga tidak dapat dipotret oleh satelit.

Ia melanjutkan, dengan adanya forum, maka dapat menjadi ajang berdialog untuk mendapatkan informasi kebutuhan data dan  pemanfaatan teknologi penginderaan jauh bagi kementerian/lembaga dan pemerintah daerah.

Dalam penyerahan data satelit itu, Deputi Bidang Penginderaan Jauh LAPAN juga secara meluncurkan Katalog Data Satelit Penginderaan Jauh. Katalog ini bertujuan untuk memudahkan para pemangku kepentingan dalam mengakses data penginderaan jauh.

Dalam kegiatan ini, LAPAN juga menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) Pemanfaatan Penginderaan Jauh untuk mendukung program Nawacita. Pada FGD tersebut Kepala Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh LAPAN, Dedi Irawadi, memaparkan mengenai ketersediaan data satelit penginderaan jauh. Sementara itu, Kepala Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh LAPAN, Dr. Rokhis Komarudin, memaparkan mengenai pemanfaatan data satelit penginderaan jauh dan Sistem Pemantauan Bumi Nasional (SPBN).

Para pemangku kepentingan yang menghadiri kegiatan ini mengakui pentingnya data satelit penginderaan jauh untuk mendukung berbagai program instansi. Kepala Pusat Data dan Informasi Kementerian Pertanian, Dr. M. Luthful Hakim, saat konferensi pers, mengatakan bahwa citra satelit LAPAN sangat penting. Citra tersebut terutama terkait pemantauan ketersediaan pangan seperti padi dan palawija. Ia berpendapat, hal ini sesuai dengan program nawacita.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL