Kompetensi Utama

Layanan


Dukung Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan, LAPAN Serahkan Data Satelit Resolusi Tinggi untuk Berbagai Instansi
26 Jan 2016 • Dibaca : 34313 x ,

Citra satelit beresolusi tinggi sangat dibutuhkan oleh Indonesia. Data citra tersebut digunakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan nasional misalnya identifikasi obyek, dan pemetaan skala 1:2.500. Untuk itu, LAPAN menyediakan citra satelit penginderaan jauh resolusi tinggi, dengan resolusi spasial 60 centimeter atau kurang, sesuai dengan amanat Undang-undang Nomor 21 tahun 2013 tentang Keantariksaan dan Instruksi Presiden Nomor 6 tahun 2012.

Pemanfaatan citra satelit beresolusi tinggi di Indonesia antara lain untuk pembuatan informasi pertanahan, informasi tata batas kawasan hutan, pemantapan kawasan hutan, pembuatan informasi lahan baku sawah, perencanaan lahan pertanian, pemetaan irigasi, deteksi dan pemantauan daerah pertambangan, informasi perpajakan serta pembuatan blok sensus.

Citra satelit resolusi tinggi tersebut diperoleh melalui stasiun bumi penginderaan jauh LAPAN di Parepare. Selain citra satelit resolusi tinggi, LAPAN juga menerima secara langsung citra satelit resolusi menengah untuk kebutuhan pemantauan skala menengah. Citra dari satelit Landsat-7 dan Landsat-8 tersebut saat ini telah diproses oleh LAPAN untuk menghasilkan cloud free mosaic image (mosaik citra bebas awan) untuk seluruh wilayah Indonesia.

ada 2015, LAPAN bekerja sama dengan Badan Informasi Geospasial (BIG) menyediakan citra satelit penginderaan jauh resolusi sangat tinggi dengan total luas area sekitar 930.000 km persegi. Citra tersebut dapat digunakan oleh seluruh kementerian dan lembaga serta pemerintah daerah untuk berbagai aplikasi. Dari sisi penggunaan anggaran, pengadaan citra satu pintu melalui LAPAN akan meningkatkan efisiensi anggaran negara dalam pengadaan citra, dan mencegah terjadinya duplikasi terhadap citra penginderaan jauh yang diadakan.

Sehubungan dengan meningkatnya kebutuhan citra satelit resolusi tinggi secara nasional setiap tahun maka LAPAN akan mengadakan menyerahkan data satelit penginderaan jauhresolusi tinggi kepada sembilan Kementerian/Lembaga Pemerintah dan 49 pemerintah daerah. Kegiatan ini akan berlangsung pada Rabu, 27 Januari pukul 08.00 WIB di Ruang Serbaguna Kedeputian Penginderaan Jauh LAPAN, Jl. LAPAN No. 70, Pekayon, Pasar Rebo, Jakarta Timur.

Dalam kegiatan ini LAPAN juga menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD)Pemanfaatan Penginderaan Jauh untuk mendukung program Nawacita. FGD ini untuk mendukung pengelolaan sumberdaya alam dan lingkungan. Selama ini, LAPAN sebagai lembaga yang menyelenggarakan pemanfaatan penginderaan jauh telah banyak menghasilkan informasi bermanfaat seperti mengenai fase pertumbuhan padi, zona potensi penangkapan ikan, titik panas sebagai indikator kebakaran lahan/hutan, dan juga objek pajak. Selain itu, Dalam kegiatan ini, LAPAN juga akan melakukan soft launching Katalog Data Satelit. Dengan adanya katalog data satelit tersebut, maka akan menambah sumber data bagi pemerintah dalam perencanaan pembangunan dan pemantauan lingkungan.








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL