Kompetensi Utama

Layanan


Lapan Luncurkan Citra Satelit Resolusi Tinggi, Apa Manfaatnya?
Penulis : Devira Prastiwi • Media : liputan6.com • 28 Jan 2016 • Dibaca : 30352 x ,

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga Penelitian Antariksa Nasional (Lapan) menyediakan citra satelit penginderaan jauh resolusi tinggi. Pemanfaatan satelit ini antara lain untuk pembuatan informasi pertanahan, tata batas kawasan hutan, dan lahan baku sawah.

Demikian dikatakan Deputi Penginderaan Jauh Lapan Orbita Roswintiarti saat penyerahan data satelit resolusi tinggi kepada instansi pemerintah dan pemda, serta peluncuruan Katalog Data Satelit Nasional, di Ruang Serbaguna Kedeputian Penginderaan Jauh Lapan, Pekayon, Pasar Rebo, Jakarta Timur, Rabu (27/1/2016).

"Citra satelit beresolusi tinggi dapat bermanfaat untuk pemetaan irigasi, deteksi dan pemantauan daerah pertambangan informasi perpajakan, dan pembuatan blok sensus, serta pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan," kata Orbita.
Dia menjelaskan, citra satelit resolusi tinggi tersebut didapat melalui stasiun Bumi penginderaan jauh Lapan di Pare-pare, Sulawesi Selatan. Lapan bekerja sama dengan Badan Informasi Geospasial (BIG) dalam menyediakan citra satelit resolusi tinggi tersebut.

"Kami telah bekerja sama dengan BIG 2015 kemarin, untuk menyediakan citra satelit penginderaan jauh resolusi sangat tinggi, di area 930 ribu kilometer," kata Orbita.

Karena itu, kata dia, usai diperolehnya data dan katalog citra satelit penginderaan jauh ini, Lapan menyerahkan hasilnya kepada 9 kementerian atau lembaga pemerintah dan 49 pemda.

"Selama ini, Lapan sebagai lembaga yang menyelenggarakan pemanfaat penginderaan jauh telah banyak menghasilkan informasi bermanfaat, seperti mengenai fase pertumbuhan padi, zona potensi penangkapan ikan, dan objek pajak," tutup Orbita.



Sumber : http://news.liputan6.com/read/2421944/lapan-luncurkan-citra-satelit-resolusi-tinggi-apa-manfaatnya








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL