Kompetensi Utama

Layanan


Antusias Siswa SDN Tangerang 15 Terhadap Teknologi Kedirgantaraan
27 Jan 2016 • Dibaca : 43606 x ,

Pentingnya penguasaan IPTEK Kedigantaraan dimulai dengan menumbuhkan kecintaan generasi muda terhadap dunia Teknologi, hal ini terlihat dari antusias Siswa SDN Tangerang 15 yang melakukan kunjungan belajar ke Pusat Teknologi Penerbangan LAPAN, Rumpin (27/11).

Sebanyak 55 orang yang terdiri dari siswa, komite sekolah dan Staf Pengajar SDN Tangerang 15 serius mengikuti berbagai materi yang di berikan. Dalam sambutannya Tri Widodo, Perwakilan Pustekbang mengatakan bahwa “ Saat ini LAPAN telah melakukan berbagai penelitian dan pengembangan di Bidang Teknologi Penerbangan dan Keantariksaan”. Lebih lanjut ia berharap dengan adanya kunjungan ini siswa dapat belajar dan mengenal teknologi tersebut.

Dalam kegiatan ini, siswa diajak mengunjungi berbagai fasilitas yang ada di Pusat Teknologi Penerbangan LAPAN. Diantaranya siswa diajak ke Laboratorium Avionik, disana mereka belajar mengenal sistem elektronik yang biasa di rancang untuk pesawat terbang maupun pesawat Tanpa Awak (LSU). Antusias siswa terlihat ketika berada di Lab Avionik ini, salah satunya ketika mereka berada di ruangan Hardware In The Loop Simulation dan belajar mengemudikan pesawat terbang secara simulasi.

Setelah selesai belajar mengenal sistem elektronik Pesawat Terbang, siswa melanjutkan kegiatannya dengan melihat demo terbang LAPAN Surveillance UAV (LSU-01).Pesawat tanpa awak yang pernah dioperasikan untuk mitigasi bencana meletusnya Gunung Merapi pada tahun 2012 ini menjadi daya tarik siswa SDN Tangerang 15 ketika diterbangkan secara autonomous. Tidak hanya itu saja siswa juga diajak untuk terlibat langsung dalam demo peluncuran roket air.

“Kegiatan ini merupakan hal yang sangat penting bagi siswa dalam menumbuhkan rasa keingintahuan mereka terhadap IPTEK Khususnya di bidang Penerbangan dan Keantariksaan” ujar Selvi Budi Lestari, Guru Kelas 5 SDN Tangerang 15.

Akhir kegiatan ini, siswa di ajak untuk mengunjungi fasilitas stasiun Bumi LAPAN. Disana mereka diberikan materi mengenai satelit LAPAN A2 yang diluncurkan pada 28 September 2015 dan memiliki 3 misi utama yaitu pemantauan wilayah (pemetaan), komunikasi amatir radio dan pemantauan kapal laut di perairan Indonesia.
Penulis : Aprian Rizki Fauzi 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL